Home Berita Tambah Garbarata, AP II Kembangkan Pier 1 Terminal 3 Bandara Soetta

Tambah Garbarata, AP II Kembangkan Pier 1 Terminal 3 Bandara Soetta

0

PT Angkasa Pura II (AP II) tengah melakukan pengembangan sisi timur (pier 1) bangunan Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Pengembangan yang disebut extended pier 1 ini dilakukan guna menambah 8 garbarata untuk melayani penumpang penerbangan Internasional.

Hal itu diungkapkan VP of Corporate Communication AP II, Yado Yarismano. Dirinya menyebut, extended pier 1 akan menambah contact stand pesawat jenis wide body.

“Pier 1 terminal 3 yang menghadap Terminal 2F sedang dibangun extended pier 1. Kurang lebih di sana nanti ada 8 garbarata. Tujuh unit garbarata untuk wide body dan 1 garbarata untuk narrow body,” kata Yado kepada tangerangonline.id, Senin (21/5/2018).

Saat ini terdapat 8 unit garbarata untuk melayani penerbangan internasional. Masing-masing 4 unit untuk pesawat wide body dan narrow body.

“Pengembangan extended pier 1 sedang berlangsung, rencananya akhir tahun ini sudah dapat dioperasikan,” imbuhnya.

Ia mengatakan, ketika extended contact stand pier 1 selesai maka jumlah garbarata yang melayani penerbangan Internasional sebanyak 16 unit. Sebelas unit untuk pesawat wide body dan 5 unit melayani narrow body.

“Ketika extended pier satu beroperasi, maka lebih banyak pesawat yang terlayani,” katanya.

Pengembangan pier 1 ini dilakukan seiring dengan perpindahan maskapai Internasional secara bertahap dari Terminal 2 ke Terminal 3.

Saat ini maskapai yang sudah memindahkan operasionalnya ke Terminal 3 mencapai kurang lebih 17 maskapai.

Menurut Yado, garbarata yang tersedia saat ini sebanyak 8 unit masih cukup untuk melayani pesawat penerbangan Internasional di Terminal 3.

“Kalau sampai saat ini, masih bisa ditampung.
Kita atur memanfaatkan contact stand-nya seefisien mungkin, agar penumpang naik turunnya menggunakan garbarata,” pungkasnya. (Rmt)