Home Bandara Terbang 5 Menit Pesawat Garuda Indonesia GA502 Balik Lagi ke Bandara Soetta

Terbang 5 Menit Pesawat Garuda Indonesia GA502 Balik Lagi ke Bandara Soetta

0

Pesawat Garuda Indonesia dengan rute Jakarta – Pontianak memutuskan Return to Base (RTB) pada hari ini, Senin (3/12) pagi.

Pesawat dengan nomor perbangan GA-502 tersebut lepas landas pukul 08.15 WIB dan dijadwalkan tiba di Bandara Supadio, Pontianak pukul 10.05 WIB.

Namun, setelah 5 menit mengudara, tercium bau asap di dalam kabin pesawat. Pilot memutuskan untuk RTB dan kembali ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Vice President Corporate Secretary Garuda Indonesia, Ikhsan Rosan, membenarkan peristiwa tersebut.

“Benar, tadi GA-502 RTB. Ketika pesawat baru 5 menit take off disebut ada tercium bau asap di kabin. Untuk safety, pilot langsung memutuskan RTB,” kata Ikhsan kepada tangerangonline.id, Senin (3/12/2018).

Dirinya menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan di dalam kabin hingga lambung pesawat, tidak ditemukan sumber asap.

“Setelah nyampe kita cek kabin, steril dan tidak ada sumber asap. Juga kita cek ke bagasi, tidak ada masalah,” ujar Ikhsan.

Selain melakukan pemeriksaan kabin dan lambung pesawat, Ikhsan menyebut pihaknya juga melakukan pemeriksaan terhadap pengatur suhu kabin.

“AC-nya juga sudah kita tes tadi 30 menit tidak ada masalah juga. Tapi poinnya itu bukan asap dan bukan api,” terangnya.

“Supaya tidak terlalu menunggu lama, penumpangnya sudah diterbangkan dengan pesawat pengganti,” kata Ikhsan. (Rmt)