Bandara
Batik-kan Perjalananmu! Hasil Membatik di Bandara Soetta Bisa Dibawa Pulang
Bandara Soekarno-Hatta menggelar berbagai kegiatan spesial dengan tema ‘Batik-kan Perjalananmu’ dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2024.
Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan budaya Indonesia kepada dunia melalui kegiatan di bandara.
Bandara Soekarno-Hatta menggandeng Unicef dan pelaku UMKM untuk merayakan batik sebagai warisan budaya Indonesia.
Dengan mengusung kampanye ‘Batik-kan Perjalananmu’, Bandara Soetta mengajak penumpang untuk mengenakan busana batik selama perjalanan mereka melalui berbagai platform media sosial.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya Indonesia, Bandara Soetta juga bekerja sama dengan Unicef dan Sanggar Jawa Jawi Java mengadakan kegiatan membatik bagi para penumpang sebelum penerbangan di Terminal 2.
Diiringi oleh alunan musik gamelan tradisional yang menciptakan suasanya budaya otentik, para penumpang yang berpartisipasi dapat merasakan langsung pengalaman membatik di area bandara, sembari menunggu jadwal penerbangan mereka.
Hasil karya membatik di media yang telah disediakan pun dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh bagi para penumpang.
Selain itu, di Terminal 3 diselenggarakan acara Fashion Show berbusana batik. Acara ini didukung oleh UMKM yang berada di bawah naungan CSR Bandara Soekarno-Hatta, menampilkan karya-karya batik terbaik mereka.
Fashion Show ini digelar di depan area keberangkatan domestik Terminal 3, penumpang yang mengenakan batik dapat berjalan di atas karpet merah layaknya model profesional.
Kegiatan ini mendapatkan antusiasme yang tinggi dari para penumpang yang bersemangat menunjukkan kebanggaan mereka akan batik.
Asst. Deputy Communication and Legal Bandara Soekarno-Hatta, M. Holik Muardi mengatakan, kegiatan tersebut mendapatkan sambutan yang sangat positif dari para penumpang.
“Penumpang yang mengenakan batik sangat antusias berpartisipasi dalam setiap aktivasi, mulai dari membatik hingga fashion show,” kata Holik pada Kamis (3/10/2024).
“Dengan kampanye ‘Batik-kan Perjalananmu’, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang unik bagi para penumpang sembari mempromosikan batik kepada dunia,” tambahnya.
Menurut Holik, pihaknya sangat bangga dapat bekerja sama dengan Unicef dan pelaku UMKM untuk mendukung karya-karya mereka.
“Melalui acara ini, tidak hanya budaya yang dipromosikan, tetapi juga ekonomi kreatif dapat berkembang, terutama melalui batik yang menjadi ikon Indonesia,” tuturnya.
Melalui kampanye ‘Batik-kan Perjalananmu’ ini diharapkan dapat menginspirasi para penumpang untuk semakin mencintai batik dan memakainya dengan bangga di setiap perjalanan. (Rmt)