Home Berita Cara Jitu Petugas BC Cegah Barang Terlarang di Bandara Soetta

Cara Jitu Petugas BC Cegah Barang Terlarang di Bandara Soetta

0
SHARE

Upaya penyelundupkan barang terlarang seperti narkotika dan lain sebagainya masih sering terjadi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Guna mencegah lolosnya barang terlarang itu, petugas Bea Cukai (BC) harus bekerja lebih ekstra.

Sejumlah langkah pun dilakukan, mulai dari profiling hingga pemeriksaan secara mendalam terhadap penumpang dan barang bawaannya.

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (Bea Cukai) Soekarno-Hatta, Erwin Situmorang mengatakan, pihaknya melakukan pengawasan penumpang dan barang bawaannya sejak penumpang tersebut tiba di Bandara Soetta.

“Kami tempatkan petugas yang memiliki kemampuan untuk melakukan profiling terhadap penumpang yang baru datang dari luar negeri,” ujar Erwin saat ditemui di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (23/5/2018).

Erwin menjelaskan, petugas Bea Cukai terlebih dahulu menganalisa penumpang dari gerak gerik dan prilakunya berdasarkan visual. Selanjutnya penumpang dan barang bawaannya diarahkan untuk pemeriksaan X-Ray.

“Kalau dari hasil X-ray ternyata tidak ada yang perlu didalamin, kita kasih mereka rilis. Tetapi kalau misalnya ada sesuatu yang perlu kita dalami maka langsung kita buka bagasinya,” katanya.

Menurut Erwin, pemindaian X-ray hanya bersifat menampilkan image. Ketika hasil pemindaian X-Ray terlihat ada yang mencurigakan langsung diperiksa secara mendalam bahkan pemeriksaan terhadap tubuh penumpang.

“Bila ada yang lebih mencurigakan, maka kita akan melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam seperti pemeriksaan tubuh,” pungkasnya. (Rmt)