Home Berita 14 Motif Batik asal Pandeglang Dipatenkan

14 Motif Batik asal Pandeglang Dipatenkan

0
SHARE

Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual (HaKI) atas 14 motif batik ke Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum dan HAM). Dengan dipatenkan batik asal Kota Badak ini, maka tidak bisa diklaim daerah lain lain sudah memiliki HaKI.

Ke-14 motif batik daerah tersebut yaitu Pandeglang Berkah, Pandeglang Lumampah, Pandeglang Tawadhu, Jojorong Sapasung, Kaceprek Sapalengpeng, Kadu Sakangkot, Gula Kaung Sakojor, Rampak Bedug, Taleus Sabeuti Pandan Sadapur, Puteuy Sapapan Jengkol Sapalekpek, Leuit Salisung Pare Sapocong, Badak Sacula, Kacapi Saruntuy, dan Cangkaleng Sasiki.

Didaftarkannya hak paten atas 14 motif batik asal Pandeglang itu telah selesai dilakukan dan ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Kepala Kanwil Kemenkum dan HAM Banten, Dewa Putu Gede kepada Bupati Pandeglang, Irna Narulita di pendopo setempat, Rabu (23/5/2018).

Bupati Irna Narulita mengatakan, mendaftatkan HaKI merupakan identitas yang sanagat penting, salah satunya motif batik di Pandeglang yang cukup banyak.

“Pengrajin kami banyak sekali hampir 70 motif, ini yang didaftarkan baru 14 motif, nanti sisanya bisa menyusul,” katanya.

Disebutkan Irna, Pandeglang memiliki banyak motif batik dengan beragam nama dan tidak sedikit motif batik yang dibuat berdasarkan akar budaya. “Jika tidak dilestarikan bisa saja akan punah,” ujarnya. (Kor)