Home Berita 5 Bulan Terakhir, Imigrasi Bandara Soetta Tolak 278 WNA

5 Bulan Terakhir, Imigrasi Bandara Soetta Tolak 278 WNA

0

Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Soekarno-Hatta mencatat sebanyak 278 warga negara asing (WNA) dari berbagai negara ditolak masuk ke Indonesia. Mereka ditolak sesaat ketika tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta ( Soetta) Tangerang.

Jumlah penolakan tersebut terhitung sejak Januari hingga Mei 2018 atau selama 5 bulan. Mereka dilarang masuk karena berbagai pelanggaran.

Kakanim Kelas I Khusus Bandara Soetta, Enang Supriyadi Syamsi mengatakan, penolakan terhadap WNA ini karena berbagai hal, mulai dari melanggar aturan keimigrasian, keterbatasan uang, hingga penolakan karena tidak memiliki tujuan yang pasti selama akan berada di Indonesia.

“Sejak Januari hingga Mei 2018, kami telah menolak sebanyak 278 WNA dan mereka langsung diterbangkan kembali ke embarkasi awal,” kata Enang saat ditemui di kantornya di Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (24/5/2018).

Adapun 19 WNA yang ditolak kedatangannya tersebut masing-masing berasal dari Bangladesh 43 orang, China 40 orang, India 28 orang, Pakistan 11 orang, Srilanka 11 orang dan beberapa dari negara lainnya.

Selain melakukan penolakan terhadap WNA, petugas Imigrasi Bandara Soetta juga telah melakukan pencegahan atau penangguhan keberangkatan WNI yang terindikasi menjadi korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

“Pada priode yang sama, kami telah menangguhkan atau mencegah keberangkatan 63 orang WNI karena terindikasi atau patut diduga akan menjadi korban TPPO,” ungkap Enang.

“Selain itu, priode yang sama juga kami telah menerbitkan 24.409 paspor baik paspor biasa maupun paspor elektronik,” pungkasnya. (Rmt)