Home Berita Musda KNPI Kota Tangerang Digelar 31 Agustus 2018

Musda KNPI Kota Tangerang Digelar 31 Agustus 2018

0

Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Tangerang akan menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) ke – 8 tahun 2018 pada 31 Agustus 2018 mendatang.

Musda yang digelar setiap 3 tahunan tersebut, rencananya di Hotel Bukit Indah Ciloto, Puncak Bogor, Jawa Barat dengan agenda membahas Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) kepengurusan periode 2015 – 2018.

Selain itu, Musda akan membahas program kerja KNPI Kota Tangerang kedepan serta pemilihan ketua KNPI periode 2018-2021.

Yudhistira, ketua panitia pelaksana Musda, KNPI Kota Tangerang menyebut pihaknya telah siap menggelar kegiatan tersebut.

“Sampai saat ini, sekitar 80 persen sudah siap semua. Baik dari administrasi dan tempat Hotel bukit indah Ciloto, Puncak Bogor insya Allah sudah siap,” ujar Yudhistira saat Konperensi Press kepada awak media, Minggu (05/08/2018).

Pria dengan sapaan akrab Yudis tersebut menuturkan, sebelum terlaksananya Musda tersebut. Pihaknya harus terlebih dahulu memenuhi beberapa tahapan dan mekanisme sesuai dengan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) serta peraturan lainnya yang sudah ditetapkan.

“Tahapannya mulai dari penyebaran surat undangan dari tanggal 7 hingga 10 agustus, lalu pengumpulan Surat Keputusan (SK) Organisasi Kepemudaan (OKP) dan Pengurus Kecamatan (PK) se Kota Tangerang. Lalu pendaftaran Bakal Calon (Balon) ketua KNPI periode 2018-2021 yang dibuka tanggal 15 sampai 24 agustus, serta penyerahan mandat pada 30 sampai 31 Agustus,” terangnya.

Mengenai pemilihan ketua KNPI periode 2018 – 2021, Yudis menjelaskan, dalam Musda tersebut, tercatat ada 50 pemilik suara sah untuk memberikan hak suaranya saat pemilihan.

“50 suara yang terdiri dari 34 Organisasi Kepemudaan (OKP) 13 Pengurus Kecamatan (PK), MPI satu suara, DPD Kota Tangerang DPD Provinsi Banten,” tukasnya.

Sementara itu, ketua KNPI periode 2015-2018 Rusdi menambahkan, kegiatan musyawarah daerah tersebut adalah amanat Undang Undang Nomor 40 tahun 2009 yang mengharuskan KNPI wajib melakukan Kaderisasi.

“Secara aturan pelaksanaan musda sudah baku di AD/ART, karena di aturan organisasi sudah cukup detail menjadi pegangan dan pedoman untuk pelaksanaan musda,” kata Rusdi.

Rusdi mengklaim, saat ini KNPI telah menyentuh seluruh pemuda yang ada dikota tangerang sehingga KNPI diharapkan harus lebih maksimal, dan menuntaskan segala problematikan dan permasalahan kepemudaan.

“Kita susun berbagai program yang sudah ada saat ini dan di musda kita rumuskan dan berikan rekomendasi kepada ketua terpilih nanti,” jelasnya.

Rusdi juga berharap, kegiatan tersebut dapat dijadikan momentum untuk menjadikan KNPI kedepan yang lebih baik lagi, sehingga KNPI dapat menjadi pedoman dan wadah bagi setiap kegiatan kepemudaan yang ada di Kota Tangeran.

“Jadi bukan hanya sebatas pemilihan ketua, kita mau rumuskan KNPI ke depan seperti apa,” tukasnya. (Amd)