Home Berita LPM Dadap Siap Kawal Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara

LPM Dadap Siap Kawal Pembangunan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara

0

Rencana pembangunan terpadu pesisir ibukota negara (PTPIN) di wilayah Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang memasuki tahap konsultasi AMDAL kepada masyarakat. Proyek yang diprakarsai Kementerian PUPR dan akan dikerjakan oleh PT. Terasis Erojaya KSO PT. Aditya Trijaya akan membangun tanggul sepanjang 580 Meter dengan lebar kawasan Tanggul 19,815 Meter dan lebar tanggul 5 meter. Dengan Tiang Pancang (K-600) diameter 800 mm dan kedalaman 24 Meter.

Pada konsultasi Amdal pada kali ini banyak dihujani kritik dan saran maupun masukan dari warga pesisir Dadap, rata-rata yang mereka utara kan adalah soal keresahan masyarakat ketika ada pembangunan karena khawatir rumahnya digusur, dan ada juga yang mengutarakan tentang lapangan kerja pada pengerjaan proyek.

“Warga meminta dilibatkan dalam pengerjaan proyek tersebut,” ujar Herdiansyah, Rabu (18/9/2019).

Tidak mau ketinggalan menyampaikan Pendapat perwakilan LPM Kelurahan Dadap, Herdiansyah mengungkapkan, pembangunan terpadu pesisir ibukota negara (PTPIN), ini adalah hal positif untuk pembangunan diwilayah Dadap untuk mengurangi banjir diwilayah tersebut. Namun herdi juga mengatakan proyek ini harus juga mengedepankan aspek lingkungan mulai dari Pra Konstruksi sampai Pasca Konstruksi.

“Saya meminta pada pengelola pengerjaan proyek ini harus memperhatikan kebersihan terutama kebersihan kali perancis, minimal ada penghalang sampah biar kaya di Kali dan sungai di Jakarta dan juga pasca konstruksi harus ada penghijauan supaya tidak terjadi abrasi, yak minimal di bahu tanggul ada Pohon sama ditanamin mangrove,” tutur Herdi.

Ade Umar selaku Kasie Satpol PP Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, mengatakan bahwa masyarakat harus menerima pembangunan ini. “Kampung kita mau dibagusin biar gak banjir, tolong dikawal pembangunannya,” ucapnya.

Pembangunan terpadu pesisir Ibukota Negara (PTPIN) ini terkoneksi dengan tanggul yang ada di Kamal Muara – Jakarta Utara, yang bersebelahan dengan Kelurahan Dadap, Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang.(Sam)