Home Berita Kasau Hadiri Rapim TNI-Polri, Panglima TNI Tegaskan Waspadai Kerawanan Pilkada

Kasau Hadiri Rapim TNI-Polri, Panglima TNI Tegaskan Waspadai Kerawanan Pilkada

0

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, menghadiri Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri Tahun 2020, di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Selasa, (28/1/2020)

Rapim dibuka oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis. Rapim dihadiri ratusan petinggi TNI dan Polri, termasuk Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji dan Wakasad Letjen TNI Tatang Sulaiman.

Panglima TNI menegaskan, TNI-Polri wajib mewaspadai kerawanan pemilu, politik identitas, disrupsi sosial, maupun antisipasi ancaman yang berpengaruh dalam stabilitas nasional serta netralitas aparat keamanan dalam Pilkada serentak di 2020.

“Saat ini peran TNI dan Polri berada pada era perubahan yang terus berkelanjutan, bergerak dinamis, termasuk dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Perubahan itu akan terjadi secara terus menerus dan tidak ada yang tetap statis di dunia ini,” terang Panglima TNI.

Rapim TNI-Polri diikuti 359 peserta, terdiri dari 186 pejabat Mabes TNI dan Angkatan dan 173 pejabat Polri, yang mengusung tema “Dilandasi Profesionalitas, Soliditas dan Sinergitas, TNI-Polri Siap Mengamankan Pilkada Serentak Tahun 2020 serta Mengawal Pembangunan Nasional dalam rangka Indonesia Maju”.

Tema tersebut mencerminkan bentuk antisipasi TNI dan Polri terhadap ancaman nyata yang sulit diprediksi yang berpengaruh kepada stabilitas nasional.(MRZ)