Home Berita Pasar Kronjo Kumuh, Pedagang Minta Direlokasi

Pasar Kronjo Kumuh, Pedagang Minta Direlokasi

0

Para pedagang di Pasar Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, minta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Niaga Kerta Raharja Kabupaten Tangerang, segera melaksanakan pembangunan pasar Kronjo dan merelokasi para pedagang ketempat penampungan sementara (TPS) yang sudah tersedia, Minggu (18/10/2020).

Pasalnya, kondisi Pasar Kronjo saat ini sangat kumuh, kotor dan becek, sehingga tidak ada pembeli yang mau masuk ke dalam pasar.

“Saya ingin pasar segera dibangun, karena tempat yang saya pakai untuk berjualan sudah sangat tidak layak dan sudah banyak pedagang yang memilih keluar dan jualan dibahu jalan karena memang kodisi didalam pasar sangat tidak nyaman apa lagi di musim hujan sudah pasti banjir,” kata Mad Soleh salah satu pedagang sayuran di Pasar Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, kepada awak media.

Mad Soleh juga mengaku, dia bersama ratusan pedagang lainnya siap direlokasi ketempat penampungan sementara (TPS), agar pembangunan pasar Kronjo segera dilaksanakan

“Kami lihat TPS sudah siap dan sangat layak untuk ditempati pedagang dengan nyaman seperti saya dan ratusan pedagang lainnya,” ujar Mad Soleh.

Mad Soleh menyebutkan, di lokasi TPS yang dibangun untuk menampung para pedagang sambil menunggu revitalisasi pasar selesai dibangun, hanya terkendala akses masuk karena masih ada sejumlah bangunan yang diduga tidak berijin yang menutupi bagian depan lokasi TPS.

“Jika bangunan liar yang menutup akses ke TPS belum dibongkar kita mau lewat mana, pembeli juga mau masuk ke TPS jadi susah,kami ingin ketegasan dari Pemerintah untuk membantu kami disini,” ungkapnya.

Hal senada juga dikatakan Sulaiman pemilik toko kelontong di Pasar Kronjo yang mengungkapkan, bahwa kondisi kumuh di Pasar Kronjo sudah terjadi sejak puluhan tahun.

“Saya sudah sepuluh tahun berjualan disini, kondisinya memang sangat parah, selain kumuh kalau hujan pasti banjir dan pasti tidak ada pembeli yang mau masuk ke dalam pasar, akibatnya kami selalu merugi,” jelasnya.

“Kami sangat mendukung rencana pembangunan pasar, agar disegerakan saja,” harapnya

Untuk diketehui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, melalui Perusahaan Daerah (PD) yang kini berganti menjadi Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Niaga Kerta Raharja, akan melakukan revitalisasi pasar Kronjo, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang dan telah membangun tempat penampungan sementara (TPS) untuk para pedagang.

Dari pantauan dilokasi, rencana revitalisasi pasar Kronjo belum berjalan dan para pedagang belum dipindah ke TPS karena akses menuju TPS masih terhalang sejumlah bangunan liar yang diduga kuat tidak berijin dan berdiri diatas tanah milik Perumda Pasar NKR Kabupaten Tangerang.

Sementara itu, Camat Kronjo, Tibi mengatakan, penataan dan penertiban Pasar Kronjo merupakan kewenangan Perumda Pasar Niaga Kerta Raharaja Kabupaten Tangerang.

Ia juga mengaku sangat mendukung rencana revitalisasi Pasar Kronjo agar para pedagang dan pembeli bisa lebih nayaman.

Terkait bangunan yang menutupi akses TPS Pasar Kronjo, Tibi meminta agar pihak Perumda Pasar NKR, segera berkordinasi dengan pihak Satpol-PP Kabupaten Tangerang.

“Untuk menertibkan bangunan itu, serharusnya pihak Perumda Pasar yang berkordinasi dengan Satpol PP Kabupaten Tangerang, karena lahan itu adalah kewenangannya, kalau kami sih sangat mendukung rencana revitalisasi supaya pedagang dan pembeli bisa lebih nyaman,” pungkasnya. (Sam)