Home Berita DPRD Tangsel Dorong Penerapan e-Kinerja PNS

DPRD Tangsel Dorong Penerapan e-Kinerja PNS

0

Sistem pelayanan publik di Tangsel, yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Tangsel sudah dengan sistem digital atau elektronik. Kedepannya,  sistem kinerja para Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Tangsel juga harus berbasis elektronik.

Hal tersebut tengah dibahas oleh Komisi I DPRD Kota Tangsel, bahwa kedepannya sistem e-Kinerja sudah harus diterapkan di Kota Tangsel, sehingga kinerja para PNS mampu lebih tertata dan terminotor oleh pimpinan.

Anggota Komisi I DPRD Tangsel, Saprudin mengatakan, sistem e-Kinerja PNS juga bagian dari reformasi birkorasi yang masuk dalam program Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany kedepannya.

Selain itu menurut Saprudin, Aplikasi e-Kinerja, dinilainya sangat efektif dalam memberikan penilaian dan mengontrol kinerja aparatur pemerintahan di lingkungan Pemkot Tangsel.

“Walikota bisa memantau PNS dan pejabat di lingkungan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Tangsel, melalui kamera CCTV dan juga catatan kinerja elektronik para PNS,” ungkapnya.

Saprudin juga menjelaskan bahwa dengan hadirnya Undang-Undang Aparatur Sipil Negara (ASN), paradigma BKN kedepan dituntut untuk men-digitalize semua proses kerja di mana hal itu termasuk dalam siklus manajemen ASN, salah satu lingkup digitalizenya yaitu E-kinerja.

Terlebih lagi saat ini ada pengharaan kepada PNS yang rajin, dan sanksi kepada PNS yang malas. Maka dengan adanya e-Kinerja maka PNS tidak lagi bisa bermalas-malasan. Maka ini akan mnejadi kuntungan tersendiri bagi PNS.

“Dengan penerapan sistem tersebut, PNS yang memiliki kinerja yang lebih baik, tentunya sudah pasti akan membawa pulang gaji yang lebih besar atau yang lebih banyak pula dibandingkan dengan pegawai yang berkinerja buruk. Dengan E-kinerja, maka penilaian terhadap mereka terukur, sedangkan yang berkinerja buruk akan dikenakan punishment,” paparnya.

Anggota Komisi I DPRD Tangsel lainnya, Dewi Indah Damyanti mengatakan, dengan adanya e-Kinerja kelihatan secara jelas input sekaligus output dari PNS yang bersangkutan. Selain itu juga akan terbuka peluang untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas setiap pegawai.

Dengan sistem e-Kinerja ini Dewan Tangsel berharap peningkatan kinerja di setiap SKPD akan lebih baik. Sehingga program kerja Walikota Tangsel sebagaimana yang dituangkan di dalam RPJMD dan RPJPD  akan dapat terealisasi.

“Jadi kalau seluruh kinerja terpantau secara digitalisasi, maka capaian realisasi program kerja, persentasenya akan jauh lebih tinggi lagi. Inilah yang kita harapkan kedepannya. (ded)


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here