Home Berita Klenteng Kong Tek Bio Berawal dari Para Pedagang Tionghoa

Klenteng Kong Tek Bio Berawal dari Para Pedagang Tionghoa

0
SHARE

Klenteng Kong Tek Bio yang terletak di Desa Kampung Melayu Barat, Kecamatan Teluk Naga, Kabupaten Tangerang sudah berdiri sejak 1973. Diketahui, klenteng ini didirikan oleh  marga Ang Cuan Hian bersama saudaranya Bun Eng dan saat ini klenteng diurus oleh Wie Siong yang merupakan generasi pengurus ke empat.

Wie Siong menceritakan, keberadaan klenteng ini berawal dari beberapa pedagang yang berasal dari Tionghoa atau Taoisme yang berdagang dan menetap di Kecamatan Teluk Naga. Mereka pun berinisiatif mendirikan tempat ibadah untuk keyanikannya, maka dibangunlah Kong Tek Bio yang saat ini menjadi klenteng di Kecamatan Teluk Naga.

“Klenteng ini terbuka juga untuk khalayak umum apapun suku dan agamanya kami tidak melarang mereka untuk sekedar datang ataupun beribadah di tempat ini,” ujar Wei Siong kepada Tangerangonline.id, Jumat(9/12/2016).

Dia juga mengatakan, selain Kong Tek Bio menjadi tempat ibadah, pengurus klenteng juga menyediakan syarat-syarat untuk beribadah seperti dupa, kertas, lilin dan minyak. (rco)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here