Home Berita Polda Metro Jaya Bakar Barang Bukti Narkoba di IGP Bandara Soetta

Polda Metro Jaya Bakar Barang Bukti Narkoba di IGP Bandara Soetta

0

Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Metro Jaya melakukan pemusnahan barang bukti narkoba jenis Ganja, shabu, ecstasi dan serbuk ecstasy dengan cara dibakar di Incenerator Garbage Plants (IGP) Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (22/12/2016).

Adapun rincian barang bukti narkoba yang dimusnahkan kali ini yakni 1 ton Ganja Kering,  7 kilogram Shabu-Shabu, 10.957 butir Ecstasy dan 3,8 kilogram serbuk bahan Ecstasy.

Sebelum dimusnahkan, sebagian dari barang bukti tersebut disisihkan untuk pemeriksaan Laboratorium dan sidang peradilan.

Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Polisi M. Iriawan mengatakan narkoba adalah kejahatan kategori satu, dan musuh bagi seluruh dunia.

“Indonesia jelas menyatakan perang terhadap narkoba, kita bukan negara transit tapi sudah menjadi negara tujuan dengan berbagai cara,” kata Irjen Pol M Iriawan dalam kata sambutannya, di Incenerator Garbage Plants Bandara Soetta, Tangerang.

Ia juga telah memerintahkan seluruh jajarannya khususnya untuk Reserse Narkoba untuk mengungkap dan meberantas peredaran Narkoba di wilayah hukumnya.

“Saya minta kepada seluruh jajaran Reserse Narkoba untuk mengungkap peredaran dan meningkatkan kemampuannya,” kata Iriawan.

Barang bukti yang dimusnahkan tersebut apabila dikonversi dengan rupiah setara Rp 26.098.100.000  dan 5.065.327 jiwa dapat terselamatkan.

Sementara jumlah tersangka yang berhubungan dengan barang bukti yang dimusnahkan sebanyak 19 orang yang terdiri dari 18 WNI dan 1 orang WNA (Malaysia).

Para pelaku adalah bandar dan kurir kasus narkoba yang dijerat dengan pasal 111 ayat 2, 112 ayat 2 sesuai dengan UU nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara dan maksimal seumur hidup sampai hukuman mati. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here