Beranda Berita AirNav Segera Pasang Nir Radar di Seluruh Apron Bandara Soetta

AirNav Segera Pasang Nir Radar di Seluruh Apron Bandara Soetta

0
Secretary Corporate AirNav Indonesia, Didiet Kus Sam Radityo.

Pengoperasian Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) sebelumnya sempat tertunda karena secara visual, sisi udara atau Apron tidak tampak dari menara Air Traffic Control (ATC).

Namun ketika Terminal tersebut dilengkapi dengan tower extended yang dioperasikan oleh Apron Movement Control (AMC) yang membantu ATC untuk memantau pergerakan di sisi udara, Terminal 3 dioperasikan untuk melayani penerbangan domestik.

Secretary Corporate AirNav Indonesia Didiet Kus Sam Radityo menjelaskan, saat ini keberadaan tower tambahan atau extended masih sesuai dengan kebutuhan untuk memantau pergerakan di Apron Terminal 3.

“Saat ini masih sesuai dengan kebutuhan, kemarin waktu dibangun tower tambahan itu yang extension dari tower kita untuk mengantisipasi (pergerakan) Terminal 3,” kata Didiet kepada tangerangonline.id di Sentul, Bogor, Jawa Barat.

Diketahui, Angkasa Pura II berencana menambah Runway di Bandara Soetta yakni Runway 3 yang saat ini sedang dalam proses pembahasan lahan.

“Tapi kalau memang ada pertambahan Runway nanti akan kita lihat lagi kemungkinan apakah memang dibutuhkan untuk penambahan teknologi atau menambah ketinggian Tower,” imbuh Didiet.

“Sebenarnya begini, perkembangan teknologi sekarang itu sebetulnya sangat membantu dan Nir Radar Pemantau Berbasis Automated Dependent Surveilance -Broadcast (ADS-B) akan segera kita pasang di semua Terminal Bandara Soekarno-Hatta,” sambungnya.

Menurut Didiet, keberadaan ADS-B nantinya dapat menggantikan alat yang yang selama ini digunakan untuk memantau pergerakan di sisi udara Bandara Soetta.

“Sekarang itu (ADS-B) yang akan kita pergunakan, jadi sebetulnya secara fisik pun tidak kelihatan tapi dengan radar itu akan ketahuan seluruh pergerakan disisi udara. Karena disitu kan ada maping apron, jadi nanti pesawat itu keliatan titiknya dimana atau parkir dimana,” pungkasnya. (Rmt)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini