Home Berita Gegara Ikan Teri, WN China Terpaksa Berurusan Petugas Bandara Soetta

Gegara Ikan Teri, WN China Terpaksa Berurusan Petugas Bandara Soetta

0

Seorang penumpang pesawat berkewarganegaraan China terpaksa berurusan dengan petugas di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) lantaran membawa ikan teri dan fishmaw (gelembung renang ikan).

Pria berinisial YY (39) tersebut harus merelakan oleh-oleh yang rencananya akan dibawa pulang ke negara asalnya. Ikan Teri kering sebanyak 1 kilogram dan 2 kilogram fishmaw disita oleh petugas Balai Besar Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandara Soetta di Terminal 2 pada Kamis (20/7).

Kasie Data Informasi BKIPM Bandara Soetta, Uhen Ruhendra mengatakan, hasil laut yang disita tersebut merupakan komoditi yang tidak dilarang dilalulintaskan.

“Komoditi tersebut tidak dilarang. Tapi karena tidak dilengkapi bukti sertifikat dari BKIPM, maka ikan teri dan gelembung renang ikan tersebut disita,” kata Uhen kepada TangerangOnline.id, Kamis (20/7/2017).

Uhen menambahkan, semua hasil perikanan dan kelautan yang akan dibawa atau dilalulintaskan ke luar negeri harus melalui pemeriksaan BKIPM.

Setelah menyerahkan 1 kilogram Ikan Teri kering dan 2 kilogram fishmaw, YY diperbolehkan melanjutkan perjalanannya dan meninggalkan Indonesia. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here