Home Berita 29 Kampung KB Dibentuk di Kabupaten Tangerang

29 Kampung KB Dibentuk di Kabupaten Tangerang

0

Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-24 tingkat Provinsi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPPKB) membentuk 29 Kampung Keluarga Berencana (KB), untuk menekan angkan laju pertumbuhan penduduk di Kabupaten Tangerang yang setiap tahunnya mengalami kenaikan hingga 13 ribu-14 ribu jiwa, Jumat (28/7/2017).

Acara yang bertema ‘Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa Melalui Keluarga yang Berketahanan’ turut dihadiri juga Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI Surya Chandra Surapaty, Gubernur Provinsi Banten yang diwakili Istri Wakil Gubernur Banten Ade Rosi khoirunnisa, Kapolresta Tangerang AKBP Sabilul Alif, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Tangerang Yuli Iskandar, dan seluruh Kepala Daerah Walikota/Bupati se-Provinsi Banten.

Program KB ini ialah salah satu dari sembilan agenda prioritas pembangunan nasional (Nawa Cita) Pemerintahan Pusat periode 2015-2019 di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dodo, setiap Kepala Daerah se-Indonesia mempunyai kewajiban untuk mengimplementasikannya di masyarakat.

Untuk mengimplementasikan Nawa Cita Presiden Joko Widodo tersebut, Kepala BKKBN RI Surya Chandra Surapaty menerangkan, pihaknya memulai dari daerah pinggiran untuk membentuk kader PPKB disetiap desanya.

“Agar para kader kami dari tingkat desa yang di daerah pinggiran bisa memberikan informasi dan pesan-pesan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) kepada lingkungan sekitarnya, terutama untuk menerapkan kedalam kehidupan keluarga mereka sendiri,” terangnya kepada awak media.

Dirinya juga berharap kepada seluruh keluarga di Banten dan di Indonesia, agar keluarga menjadi tumpuan pertama untuk mendidik anak manusia Indonesia, agar manusia Indonesia menjadi manusia yang sangat berkualitas.

“Keluarga Berencana kami galakan kembali, karena diakui sejak reformasi mulai melemah, karena kualitas manusia Indonesia itu ialah cita kelima dari Nawa Cita Presiden Jokowi,” jelasnya.

Bupati Tangerang Ahmed zaki Iskandar pun menambahkan, perkembangan Kampung KB disetiap Kecamatan yang berada di Kabupaten Tangerang kini sudah berjalan 80 persen, diharapkan juga pengimplementasiannya kepada warga yang lain terutama kepada para suaminya.

“KKBPK yang sudah berkembang sampai 80 persen peminatnya di Kampung KB nantinya akan kami adakan juga evaluasi terhadap penurunan kualitas dari Kampung KB dan terutama kehidupan masyarakatnya,” katanya.

Di dalam Kampung KB tidak hanya diberikan pemahaman mengenai Keluarga Berencana, namun di Kampung KB pun nantinya akan diberikan pemahaman dari segi yang lain, seperti pendidikan, kesehatan.

“Jadi Kampung KB juga membuat para kader mengerti dan memahami program pendidikan, kesehata dan ekonomi yang nanti kedepannya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-sehari,” tukas Zaki. (Yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here