Home Agenda Lebaran Betawi Tangsel Jadi Destinasi Wisata

Lebaran Betawi Tangsel Jadi Destinasi Wisata

0

Lebaran Betawi ke-3 Kota tangerang Selatan yang akan diadakan oleh Lingkar Masyarakat Berbudaya Betawi Tangerang Selatan (LIMABETA) pada 29 hingga 30 Juli 2017 besok akan dijadikan sebagai destinasi wisata tahunan kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Lebaran Betawi yang kembali dan akan terus diadakan di Jalan Jurangmangu Barat, Kelurahan Jurangmangu Barat, Kecamatan Pondok Aren, Kota (Tangsel) besok direncanakan sebagai destinasi wisata Tangsel kedepannya sebagai kampung betawi,” ucap Plt Kepala Dinas Pariwisata Tangsel, Chaerudin, Jumat (28/7/2017).

Menurutnya, Lebaran Betawi yang akan diadakan besok bukan hanya sekedar perayaan namun juga mengangkat kebudyaan betawi karena pada dasarnya kebudayaan saat ini sudah mulai terkikis dan hampir tidak diketahui oleh anak muda atapun kaum remaja sehingga untuk mempertahankan hal ini ia ingin mengangkat Jurangmangu sebagai Kampung Betawi dan menjadikan Lebaran Betawi sebagai destinasi wisata.

“Dan ini menjadi daya tarik tersendiri dari Tangsel selain dari mempertahankan kebudayaan juga menjadi destinasi wisata dari Tangsel sendiri apalagi kita kental dengan Betawinya sehingga ini menjadi hal yang sangat bermanfaat,” tegasnya.

Sementara itu Hambali, Ketua Umum Limabeta mengatakan, pada dasarnya lebaran adalah ajang silaturahmi dan juga mewadahi bagi masyarakat betawi untuk mengeksplor kesenian Betawi dan memperkenalkan budaya betawi yang ada di Tangsel agar tetap terjaga.

“Ini juga merupakan wadah cinta kebudayaan betawi, dan ini yang ketiga kali perayaannya,” ujar Hambali.

Hambali menambahkan, Acara yang akan berlangsung selama dua hari ini akan diramaikan dengan 100 tenda stan yang terdiri dari 25 stan dari masyarakat setempat dengan isi kreatifitas betawi mereka dengan 10 stan juga akan di isi dengan kuliner betawi, sehungga mampu mewadahi industri kreatif dari budaya betawi.

“Kita juga dimeriahkan 35 padepokan silat se-Tangsel dan akan ada 15 peserta dari festival palang pintu. Dalam acara ini juga akan hadir Gubernur Banten, Walikota Tangsel, Serta Kementrian pendidikan dan Kebudayaan,” ujarnya.

Perlu diketahui, acara gelaran Lebaran Betawi 2017 yang akan dihelat merupakan kerjasama LIMABETA dengan Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangsel. Adapun Lebaran Betawi adalah salah satu acara tahunan yang digunakan sebagai ajang silaturahmi antara warga Betawi setelah lebaran Idul Fitri dengan memamerkan kekhasan (ciri khas) setiap daerah betawi. (Arf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here