Beranda Berita Peringati Harganas, Murid SD di Jambe Berebut Buku Perpusda

Peringati Harganas, Murid SD di Jambe Berebut Buku Perpusda

0

Para murid SDN di Desa Taban, Kecamatan Jambe, Kabupaten Tangerang mengerubuti mobil keliling Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Tangerang. Mereka antusias untuk meminjam buku bacaan di mobil keliling Perpusda tersebut yang dihadirkan dalam perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, di lapangan depan Kantor Kelurahan Taban.

Nuraini (10) beserta teman-temannya yang masih duduk dibangku kelas 5 SDN di Desa Taban tampak raut wajah riang. Bersama para pelajar lainnya menikmati berebutan buku bacaan didua mobil yang disediakan oleh Perpusda.

Ia menceritakan kepada tangerangonline.id, memang sekolah tempat ia menimba ilmu menyediakan buku bacaan, namun buku bacaan tersebut tidak selengkap yang disediakan di mobil Perpusda.

“Buku di perpustakaan sekolah tidak sebanyak buku yang disediakan oleh mobil Perpusda, dan banyak buku komiknya juga,” serunya sambil senyum tersipu malu kepada tangerangonline.id, Jumat (28/7/2017).

Ia beserta teman-temannya merasa sangat senang dengan kehadiran mobil Perpusda pada acara memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang diperingati di desanya ini.

Para regenerasi ini pun seperti tak menghiraukan akan acara megah yang sedang digelar oleh Pemkab Tangerang di desanya. Entah mungkin para siswa ini belum paham atau tidak mengerti akan Harganas yang merupakan Nawa Cita Presiden Jokowi.

Yang tergambar dari raut dan gerak tubuh mereka hanyalah mencari dan berebut buku bacaan yang menurutnya mudah dipahami dan ia senangi yang disediakan di mobil Perpusda.

“Kalau gak rebutan entar bukunya keduluan diambil sama temen yang lain, kan bukunya gak ada yang sama,” imbuhnya dengan semangat.

Fenomena ini pun menjadi acuan kepada pihak Perpusda untuk terus giat dan rutin dalam memberikan buku bacaan di seluruh Kecamatan Kabupaten Tangerang pada setiap harinya.

Karena, jika dilihat dari gairah membaca para siswi ini, membuat dirinya membuang semua alasan untuk tidak berkeliling pada setiap harinya dari desa ke desa.

“Jika semangat baca para pelajar ini tidak kita fasilitasi, kami takutkan akan musnahnya perlahan-lahan semangat mereka dalam membaca untuk menimba ilmu pendidikan dan ilmu yang lain,” papar salah seorang supir mobil Perpusda keliling yang enggan menyebutkan namanya ini.

Untuk masyarakat se-Tangerang Raya, coba menyempatkan sedikit waktu untuk para adik-adik kita di Desa Taban, Kecamatan Jambe Tangerang yang terus berjuang dengan semangat yang membera untuk mengkais pendidikan walau hanya dengan fasilitas yang serba pas-pasan. (Yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini