Home Berita Pemkot Tangsel Giatkan Gemar Baca Bersama PAUD dan Komunitas

Pemkot Tangsel Giatkan Gemar Baca Bersama PAUD dan Komunitas

0

Wakil Walikota Tangerang Selatan Benyamin Devnie resmi membuka acara Sosialisasi Pembudayaan Kegemaran membaca melalui PAUD, sekolah dan komunitas dalam rangka meningkatkan budaya baca dan indeks literasi masyarakat Tangerang Selatan tahun 2017 di Aula Lantai 4 Kantor Walikota Tangerang Selatan, Rabu (9/8).

Sosialiasasi budaya gemar membaca dihadiri oleh Ketua Komunitas Magma Kota Tangsel, Herlina Mustikasari, Pustakawan Utama Madya selaku Perwakilan dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Adriati dan para peserta dari kalangan masayarakat.

Dalam sambutannya, Bang Ben, sapaan karib Benyamin Davnie, mengajak masyarakat untuk menumbuhkan minat baca yang harus dibiasakan sejak dini dengan meliputi peran serta orangtua, sekolah, komunitas dan elemen masyarakat dalam menumbuh kembangkan minat baca.

“Perlu dibiasakan sejak dini dengan mengajak anak untuk mengisi waktu luang ke perpustakaan, mengupayakan adanya koleksi buku-buku bacaan di rumah dan membacakan buku-buku sejarah pada anak,” ungkap Bang Ben.

Taman Baca Masyarakat di Ciputat meraih Juara 1 Tingkat Nasional mewakili Kota Tangerang Selatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan pada Juli lalu. Pustakawan Utama Madya menjelaskan bahwa hal ini bisa menjadikan motivasi untuk TBM lainnya dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

“Pemerintah pusat dan masyarakat harus aktif dalam pembangunan bacaan agar bisa memberdayakan lapisan masyarkat dengan tekad tidak ada lagi masyarakat yang buat aksara,” jelas Adriati.

Dengan membaca maka akan bisa mengembangkan pengetahuan dan meningkatkan ekonomi masyarakat. “Untuk meningkatkan minat baca masyarakat peserta akan diberikan pelatihan sehingga bisa menumbuh kembangkan kreatifitas,” pungkasnya.

Kota Tangerang Selatan sendiri terdapat 76 taman bacaan masyarakat yang sudah tersebar di 49 kelurahan Kota Tangsel yang bisa dimanfaatkan oleh warga. Pemerintah juga mendukung program ini dengan memfasilitasi 8 mobil perpustakaan yang hadir di sekolah-sekolah secara terjadwal maupun pada acara tertentu seperti car free day di BSD dan tempat wisata lainnya yang bisa dinikmati oleh masyarakat. (rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here