Home Berita Marinus Gea Dukung Pembangunan Kantor BPOM di Tangerang

Marinus Gea Dukung Pembangunan Kantor BPOM di Tangerang

0

Anggota Komisi IX DPR RI, Marinus Gea mendukung langkah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang akan membangun kantor UPT di Tangerang.

Menurutnya, langkah tersebut bisa meningkatkan upaya pengawasan oleh BPOM terhadap peredaran obat dan makanan berbahaya.

“Tadi juga sudah mendengarkan secara langsung dari BPOM, bahwa di Tangerang raya ini akan dibuka satu kantor UPT,” terangnya

“Harapan kita sebenarnya disetiap wilayah kabupaten atau kota ada UPT dari BPOM agar masyarakat lebih mudah menyampaikan informasi,” ungkapnya dihadapan 500 warga Kota Tangerang yang hadir dalam kegiatan sosialisasi Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) Keamanan Pangan BPOM di GOR Damyati Kota Tangerang,Senin (23/10/2017).

Selain itu ia menjelaskan, masyarakat juga bisa berpartisipasi aktif dalam pengawasan makanan. Apabila menemukan makanan mengandung bahan berbahaya dapat langsung menghubungi BPOM.

“Tadi kita sudah mengecek bahan makanan yang dijual di sekitar sini secara random ada 26 sample yang ternyata dari bahan makanan seperti tahu, kerupuk, bakso ada yang mengandung formalin, rodamin ada juga yang mengandung metanel, borax. Dan tadi dari Badan POM akan menindaklanjutinya,” ujar Marinus.

Menurutnya terdapat dua metode dalam pengawasan makanan yakni pertama mengedukasi masyarakat.

Upaya tersebut dimaksudkan agar masyarakat dapat mengetahui makanan yang mengandung bahan-bahan pengawet dan bahan pewarna.

“Kalau saya amati proses pembuatan kerupuk, tahu banyak yang dilakukan pembuatnya melalui home industri nah ini kita minta masyarakat melakukan pengawasan dengan melaporkan ke BPOM dan bisa juga disampaikan kepada kami,” tukasnya. (Nji)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here