Home Berita Melihat 4 Hangar Milik GMF AeroAsia di Bandara Soetta

Melihat 4 Hangar Milik GMF AeroAsia di Bandara Soetta

0

Membahas dunia aviasi, Indonesia boleh berbangga, bagaimana tidak, Hangar pesawat jenis Narrow body terbesar di dunia ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Adalah hangar 4 milik Garuda Maintenance Facility (GMF) AeroAsia yang baru diresmikan 2 tahun yang lalu tepatnya 29 September 2015.

Hangar 4 ini berkapasitas sebanyak 16 pesawat berbadan sedang (narraw body) untuk dilakukan perbaikan.

“Hangar 4 ini merupakan hangar pesawat jenis narrow body terbesar di dunia. Mampu menampung sebanyak 16 pesawat sekaligus,” ujar VP Communication GMF AeroAsia, M. Arif Faisal di Hangar 4, kawasan GMF, Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (25/10/2017).

Hangar 4 sendiri memiliki 2 sisi, yang masing-masing sisi dapat menampung 8 pesawat jenis narrow body yakni sisi timur dan sisi barat.

“Sisi timur khusus untuk perawatan pesawat non Garuda Indonesia, sedangkan sisi barat, khusus untuk perawatan pesawat Garuda Indonesia dan Citilink,” ujar Arif.

Selain Hangar 4, GMF Aeroasia memiliki 3 Hangar lainnya yakni Hangar 1, 2 dan 3. Masing-masing Hangar memiliki fungsi dan tingkat perbaikan pesawat yang berbeda pula.

Hangar 1, diperuntukkan untuk melakukan maintenance pesawat jenis wide body. Hangar ini berkapasitas 2 pesawat. Akan tetapi dalam tertentu bisa digunakan untuk 4 pesawat.

Sementara Hangar 2, khusus perawatan pesawat ringan untuk pesawat Garuda Indonesia Group. Sedangkan Hangar 3, khusus untuk maintenance pesawat Airbus dengan kapasitas 3 pesawat semua jenis.

Dan lebih membanggakan lagi, Airbus menunjuk GMF AeroAsia sebagai tempat Training Center di Indonesia.

“GMF AeroAsia ditunjuk Airbus untuk Training Center dengan Instruktur sebanyak 9 orang, dan telah mengantongi sertifikasi. Training Center untuk semua jenis pesawat Airbus,” tutup Arif.

Dan tentunya yang tak kalah penting, para teknisi yang di GMF AeroAsia seluruhnya merupakan putra puteri Indonesia. (Rmt)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here