Beranda Berita Berkarya dan Garuda Optimis Lolos Verifikasi KPU Tangsel

Berkarya dan Garuda Optimis Lolos Verifikasi KPU Tangsel

0

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), hingga kini masih melakukan verifikasi faktual terhadap dua Partai Politik (Parpol) yang akan mengikuti Pemilu 2019 mendatang. Kedua Parpol tersebut yakni Partai Garuda dan Partai Berkarya.

Sebelumnya diketahui, KPU Kota Tangsel juga telah menyelesaikan verifikasi faktual kepada dua Parpol baru, yakni Partai Perindo dan PSI. Dalam verifikasi faktual itu, KPU Kota Tangsel menyatakan bila Partai Perindo memenuhi sarat (MS) sedangkan PSI, dinyatakan oleh KPU belum memenuhi sarat (BMS) sehingga harus melakukan perbaikan.

Ketua KPU Kota Tangsel Moh Subhan mengatakan, untuk kedua parpol tersebut batas waktu akhir tahapan verifikasi faktual sampai pada 12 Januari nanti. Setelah itu akan diberikan berita acara hasil verifikasi faktual oleh KPU.

“Untuk dua parpol ini sampai 12 Januari, dan sekarang tahapannya masih terus berproses untuk kami lakukan verifikasi faktual terhadap dua parpol ini,” katanya menjelaskan kepada wartawan, Selasa (9/1/2018)

Menurut Subhan, alasan kedua parpol tersebut berbeda tahapannya dengan Perindo dan PSI, karena Partai Berkarya dan Garuda merupakan lolos ketahapan verifikasi faktual berdasarkan Surat Keputusan Bawaslu RI.

“Karena mereka berdasarkan SK Bawaslu RI, dan diteruskan melalui KPU RI, maka untuk tahapan verifikasi faktualnya dilakukan di tahapan kedua,” ungkapnya.

Sementara untuk hal yang diverifikasi faktual, Subhan mengatakan tidak ada yang berbeda dari parpol sebelumnya, yaitu sekretariat partai, kepengurusan partai harus memiliki 30 persen keterwakilan perempuan, serta selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual kader atau anggota partai yang didaftarkan ke KPU pada tahapan administrasi sebelumnya.

“Untuk verifikasi faktual anggota ini, akan kita datangi satu persatu sesuai dengan jumlah sampling yang telah ditentukan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPC Partai Garuda Kota Tangsel, Guntur Riswadi mengaku optimis untuk menghadapi verifikasi faktual yang tengah dilakukan oleh KPU Kota Tangsel. Dia mengatakan bahwa semua struktur partai telah disiapkan sesuai dengan aturan yang berlaku.

“Kami sangat optimis untuk menghadapi verifikasi faktual ini, karena seluruh struktural partai telah kami siapkan agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019 nanti,” ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Berkarya Kota Tangsel, Subari Martadinata. Ia pun mengaku optimis jika Partai Berkarya akan lolos dan melaju menjadi peserta Pemilu 2019.

“Mohon doanya saja, yang pasti sampai sekarang kami sangat optimis partai ini bisa lolos,” tandasnya. (bbs)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini