Home Agenda Yuk, Pelatihan Berkebun di Situ Gintung!

Yuk, Pelatihan Berkebun di Situ Gintung!

1

Kebun Kumara sebagai salah satu penggiat urban farming di Tangerang Selatan akan menggelar pelatihan berkebun pada Sabtu (3/3/2018) di Pulau Situ Gintung, Ciputat.

Cassandra, founder Kebun Kumara menjelaskan, dalam pelatihan ini akan mengupas, membahas, dan mempraktekkan langsung ilmu-ilmu dasar berkebun agar peserta bisa melakukannya sendiri di rumah.

Pelatihan tersebut terdiri atas 5 aktivitas, yakni pelatihan pembibitan, mengenal media tanam, semai benih, tour di Kebun Kumara, dan tata cara Stek.

“Pindah tanam atau panen peserta akan melihat kondisi lapangan untuk menanaman bibit tanaman atau memanennya. Media tanam dan tanah adalah mengenal aneka jenis media tanam dan bagaimana cara penggunannya. Menyemai benih, observasi pertumbuhan, dan persiapan pindah tanam. Keempat. Tanaman obat dan natural farming adalah peserta akan diajak tour di Kebun Kumara untuk mengenal kebun organic dan cara merawat ekosistem. Kelima, stek batang yakni peserta akan diajari cara stek (stem propagation) tanaman obat,” beber Cassadra.

Kegiatan dalam kelas berkebun akan dikenakan biaya sebesar Rp 165.000,00. Uniknya peserta akan diberikan diskon 50% jika membawa 300 keping CD. Dari biaya tersebut, peserta akan mendapatkan fasilitas berupa biaya loket masuk lokasi, pelatihan, makan siang, snack dan beverage, dan bibit untuk dibawa pulang.

“Peserta bebas memilih bibit apa untuk dibawa pulang. Kami memiliki berbagai macam bibit tanaman seperti sayur, bunga, dan tanaman obat,” jelasnya.

Benih yang paling jadi favorit peserta adalah bibit bunga matahari. Sedangkan pelatihan diselenggarakan pukul 08.00-13.00 di Kebun Kumara – Pulau Situ Gintung III Jl. Kertamukti Pisangan Raya No. 121, Ciputat. (Acr)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here