Home Berita Hari Bumi, Banksasuci Tanam Pohon di Bantaran Cisadane

Hari Bumi, Banksasuci Tanam Pohon di Bantaran Cisadane

0

Memperingati Hari Bumi, Bank Sampah Sungai Cisadane (Banksasuci) Kota Tangerang, menggelar kegiatan menanam bibit pohon yang dilaksanakan di saung Banksasuci, Jalan Chandra, Gang Muara, bantaran kali Cisadane, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Minggu (22/04/2018).

Dengan mengangkat tema “Bumi Rusak Karena Otak Kita Rusak” kegiatan menanam bibit pohon tersebut dilakukan bersama sama oleh para aktivis lingkungan Kota Tangerang dan juga para pemuda yang senang mendengar musik keras (Metal) yang sedang berada di lokasi.

“Oleh karenanya, kegiatan ini diharapkan dapat mengunggah hati sodara sodara kita yang lain agar bagaimana kita bisa memperlakukan bumi dengan sebaik baiknya. Karena walau bagaimanapun manusia yang menjadi pemimpin di dunia ini, sehingga manusia juga harus mengenal semua makhluk hidup yang ada di bumi ini,” ujar Uyus¬†Setia Bhakti, Direktur Eksekutif Banksasuci.

Pria dengan sapaan akrab kang Uyus ini menjelaskan, makhluk hidup yang ada di bumi ini bukan hanya manusia saja. Akan tetapi ada dari jenis pepohonan, binatang dan lain sebagainya.

Oleh karenanya, kedepan dirinya fikir dengan peringatan hari bumi mari semua makhluk hidup yang ada di bumi lebih bijak lagi memperlakukan bumi.

“Sehingga antara manusia dengan bumi yang dipijaknya itu bisa saling mendukung, dan bisa menciptakan kehidupan yang gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo tut wuri handayani yang artinya itu (kekayaan alam yang berlimpah dan keadaan yang tenteram),” terangnya

Lanjut Uyus, mengenai ritual tadi yang dilakukan oleh kawan – kawan Banksasuci. Itu sebagai representatif dari makhluk – makhluk lain yang hidup di bumi ini.

“Dan itu mereka lakukan untuk menyuarakan perasaan mereka dan hati mereka yang selama ini diperlakukan oleh manusia. Jadi jangan mentang – mentang manusia diberikan akal, manusia bertindak dan berperilaku seenaknya saja dan tidak menghargai makhluk lainya yang ada di bumi ini,” bebernya.

Uyus menambahkan, dirinya berharap kepada masyarakat untuk bagaimana bisa memperlakukan bumi dengan sebaik baiknya.

“Dengan melihat keadaan bumi sekarang, seharusnya manusia bisa menghemat air, tidak rakus, tidak serahkah yang memikirkan koloni manusia saja. Dan tkdak memikirkan koloni – koloni makhluk hidup lainnya, yang sebenarnya mereka juga berhak hidup layak dibumi ini,.” tukasnya.

Untuk diketahui, kegiatan menanam bibit pohon ini dilakukan bersama komunitas pencinta musik keras (Metal), aktivitas lingkungan yang ada di Kota Tangerang, dan masyarakat sekitar Kelurahan Panunggangan Barat. (Amd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here