Home Berita Ini Alat Canggih Pemindai Kesehatan Penumpang Dari Luar Negeri di Bandara Soetta

Ini Alat Canggih Pemindai Kesehatan Penumpang Dari Luar Negeri di Bandara Soetta

0

Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) telah dilengkapi alat Thermoscan. Alat canggih pemindai suhu tubuh manusia itu ditempatkan di pintu kedatangan Internasional.

Setiap orang yang datang dari luar negeri akan dipindai oleh alat tersebut. Bahkan orang yang melintas tidak menyadari dirinya sedang dipindai oleh Thermoscan ini.

Ketika melintasi alat ini, apabila suhu tubuh seseorang mencapai 38 derajat (celcius) maka langsung terlihat di layar display tanpa periksa secara manual.

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Bandara Soetta, dr. Anas Ma’ruf menjelaskan, thermoscan berguna untuk memindai suhu tubuh khususnya penumpang yang berasal dari luar negeri.

“Ketika melintasi alat thermoscan ini, semua terpantau di display. Apabila ada yang panas, maka orang tersebut akan dibawa petugas kami ke klinik Kesehatan Pelabuhan di terminal untuk diperiksa lebih lanjut,” kata Anas kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (23/5/2018).

Menurut Anas, dalam undang-undang karantina disebutkan, bahwa seluruh pesawat dari luar negeri itu dalam keadaan karantina.

“Sehingga baik alat angkutnya, kemudian barang yang dibawa maupun penumpang berikut krunya harus diperiksa,” ujar Anas.

Hal ini lanjut Anas, agar si penderita sakit dari luar negeri bisa dideteksi dan segera diambil tindakan medis. Sehingga penyakit yang diidapnya tidak menyebar.

“Ketika ada yang sakit dan suhu tubuhnya diatas 38 akan terpantau di display. Nanti petugas kami yang bertugas disana akan menangani penumpang yang dimaksud,” pungkasnya. (Rmt)