Home Bandara Imigrasi Bandara Soetta Waspadai Masuknya WNA Bermasalah Saat Asian Games 2018

Imigrasi Bandara Soetta Waspadai Masuknya WNA Bermasalah Saat Asian Games 2018

0

Perhelatan akbar Asian Games 2018 akan segera digelar di Jakarta dan Palembang. Ofisial dan atlet maupun pendukung dari berbagai negara mulai berdatangan melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang.

Banyaknya warga negara asing (WNA) yang datang ke Indonesia membuat petugas khususnya Imigrasi harus bekerja ekstra. Selain melayani para tamu negara, petugas Imigrasi juga tidak boleh lengah terhadap masuknya WNA yang tak diinginkan.

Salah satunya adalah WNA yang tidak memiliki tujuan yang jelas ke wilayah Indonesi. Bahkan kedatangannya dapat merugikan.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Bandara Soetta, Enang Supriyadi Syamsi menyatakan, dalam sepekan terakhir pihaknya telah menolak puluhan WNA bermasalah yang datang melalui Bandara Soetta.

“Dalam satu pekan hingga hari ini, kami sudah tangani 24 WNA bermasalah dengan berbagai modus. Paling banyak menggunakan paspor palsu,” kata Enang saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (10/8/2018).

Terbaru, petugas Imigrasi Bandara Soetta mengamankan seorang pria berkewarganegaraan China. Dimana WNA tersebut kedapatan menggunakan paspor Meksiko palsu untuk masuk ke Indonesia.

“Bahwa saat yang bersamaan dengan momen Asian Games ini, kami Imigrasi Indonesia tetap mewaspadai masuknya WNA yang bermasalah,” ujar Enang.

Dirinya menyebut, dalam pengawasan WNA di Bandara Soetta, pihaknya bekerja sama dengan sejumlah instansi. Yakni interpol, bea cukai dan karantina atau Customs, Immigration, Quarantine (CIQ).

“Kami bekerja sama dengan Interpol dan CIQ,” katanya. (Rmt)