Home Bandara Karantina Bandara Soetta Tahan 561 Batang Bibit Lada Asal India

Karantina Bandara Soetta Tahan 561 Batang Bibit Lada Asal India

0

Balai Besar Karantina Pertanian (BBKP) Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) kembali menahan ratusan bibit lada impor dari India di Terminal 2D, Tangerang.

Penahanan dilakukan karena bibit impor asal India tersebut tidak dilengkapi Pythosanitarry Certificate (PC) dan tidak ada Surat Izin Pemasukan dari Kementerian Pertanian.

Ratusan bibit lada tersebut dibawa seorang WN India yang berinisial PSA (24). Ia tiba di Terminal 2D Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (20/1) kemarin.

“Saat ini barang bukti tersebut ditahan dan diamankan di Instalasi Karantina Tumbuhan guna proses karantina lebih lanjut,” kata Kepala BBKP Bandara Soetta, Imam Djajadi kepada tangerangonline.id, Senin (21/1/2019).

Adapun jumlah benih bibit lada yan ditahan tersebut berjumlah 561 batang. Selain bibit lada, petugas juga menahan sebanyak 1 kilogram umbi jahe.

“Ratusan bibit lada tersebut dibawa penumpang pesawat dari India dengan cara ditenteng,” ujarnya.

Menurut Imam, bibit tumbuhan tersebut berpotensi membawa Organisme Pengganggu Tanaman Karantina (OPTK), diantaranya serangga Longitarsus nigripennis, cendawan Rosellinia necatrix dan Phytophthora citropththora, bakteri Pseudomonas syringae pv. syringae dan gulma Cirsium arvense pada lada serta cendawan Macrophomina phaseolina pada jahe.

“Beberapa OPTK tersebut merupakan OPTK golongan I yang tidak bisa disembuhkan dengan perlakuan karantina,” kata Imam.

“Penahanan ini sekaligus menggugah kesadaran pada masyarakat akan bahaya besar yang terjadi terhadap sumber daya alam hayati yang dimiliki bangsa Indonesia apabila bibit tersebut berhasil masuk dan ditanam di wilayah Republik Indonesia,” tegasnya. (Rmt)