Beranda Berita Jika Bangunan Baru di BSD Square Permanen, Satpol PP Bilang Siap Segel

Jika Bangunan Baru di BSD Square Permanen, Satpol PP Bilang Siap Segel

0

Bangunan baru di komplek BSD Square, Jalan Pahlawan Seribu, akan disegel dan bahkan dibongkor Satpol PP Tangsel apabila kemudian terbukti bangunan tersebut tergolong permanen.

Muchsin selaku Kasi Penyidikan dan Pengawasan pada Satpol PP Tangsel menjelaskan, dalam surat rekomendasi tersebut pihak perusahaan atau pemilik bangunan meminta rekomendasi sesuai dengan perda yang ada, yaitu bangunan tersebut sementara (Non Permanen).

“Nah untuk mengetahui apakah bangunan tersebut permanen atau non permanen Satpol PP bukan ahli dalam bidang bangunan, makanya harus bersurat ke Dinas Bangunan, Disbang ini nanti yang akan menjawab apakah Banguan tersebut permanen atau non permanen? Kalau jawaban Disbang nanti bahwa bangunan itu bukan bangunan sementara kita segel, tapi nunggu jawaban dari Disbang dulu,” tegas Muchsin saat wawancara awak media di Ruang kerjanya, Jumat (1/2/2019) sore.

Senada, Oki Rudianto selaku Kepala Bidang Penegak Undang-Undand pada Satpol PP Tangsel menjelaskan, didalam rekomendasi tersebut bahwa bangunan tersebut sementara. Menurutnya, kata sementara itu memahaminya adalah waktu bukan sifat, jadi dalam waktu setahun bangunan tersebut dibongkar.

Bangunan sementara itu dikecualikan tidak membutuhkan IMB, karena tidak membutuhkan IMB mereka harus kendalikan melalui rekomendasi untuk mengikat supaya tidak keluar dari jalur-jalur yang diatur melalui rekomendasi ini.

“Dan kita harus pastikan bahwa bagunan itu sementara, dan untuk kantor bukan untuk yang lain, jadi harus dipantau terus, sesuai dengan ketentuan yang tertera direkomendasi itu, jangan keluar, kalau mereka keluar kita tindak,” tegasnya.

Diketahui, rekomendasi tersebut dikeluarkan Satpol PP Tangsel pada Tanggal 9 Maret 2018. Rekomendasi bangunan kantor sementara berlaku selama satu tahun dan dapat diperpanjang bilamana diperlukan.

“Ini tinggal satu bulan lagi, bangunan belum jadi, itu bukan salah kita. Kalau bangunan itu tidak bermasalah bisa diperpanjang, cuma kalau ada masalah seperti ini, mau diperpanjang gimana, ada kemungkinan tidak akan diperpanjang rekomendasinya, karena sekarang aja sudah ketahuan bangunan itu bermasalah,” papar Oki. (Ban)