Beranda Berita Bio Kanti Sara, Kelenteng Tertua di Setu Tangsel

Bio Kanti Sara, Kelenteng Tertua di Setu Tangsel

0

Kelenteng atau lebih dikenal sebagai tempat ibadah umat konghucu tertua di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) adalah Kelenteng Bio Kanti Sara. Kelenteng ini di Kelurahan Bakti Jaya, Kecamatan Setu.

Kelenteng tersebut diyakini sudah berdiri sejak tahun 1711 silam.

Pengurus generasi ketiga Kelenteng Bio Kanti Sara, Kang Swi Yong (81) menjelaskan, awal berdirinya kelenteng tersebut dibangun oleh leluhurnya Kang Kia Nay berasal dari Tiongkok dan mendarat ke Jakarta pada tahun 1711 Bulan 11 Tanggal 11 kemudian menetap di Tangerang.

Setelah Kan Kian Nay, pengurus selanjutnya adalah Kang Tek Siang alias Sam Blong, masih keturunan dan Pengurus ketiga, Kang Swi Yong.

“Dulunya bangunan ini masih berbentuk kayu semua atau bilik,” ujarnya sambil menyantap masakan Ikan Bandeng yang menjadi tradisi Tionghoa setiap perayaan Imlek.

Ia melanjutkan, sekitar tahun 1780 kelenteng Bio Kanti Sara mulai mengalami perbaikan dan sampai dengan saat ini sudah 6 kali perbaikan, terakhir pada tahun 1992 silam.

“Renovasi total sudah dilakukan, namun bangunan ini masih menyerupai seperti dahulu,” katanya.

Menurutnya meski tinggal di negara yang mayoritas muslim, toleransi beragama sudah berjalan di area sekitar kelenteng. “Toleransinya sudah berjalan disini,” tutupnya.(Ban)