Beranda Berita Gaungkan Kemandirian Pangan Keluarga, OASE Sambangi Balitbangtan DKI

Gaungkan Kemandirian Pangan Keluarga, OASE Sambangi Balitbangtan DKI

0

Bertempat di BPTP Balitbangtan DKI, Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja, mendiseminasikan cara olah tanam dan pemanfaatan pekarangan melalui optimalisasi Konsep Rumah Pangan Lestari (RPL) di BPTP Balitbangtan DKI, Selasa (26/02/2019).

Hadir pada kesempatan tersebut Istri Menko Polhukam Uga Wiranto, Istri Menteri Pertanian Martati Amran Sulaiman, Istri Menteri Perdagangan Pegi Lukita, Istri Menpan RB Mulyani Safrudin, Istri Wakil Menteri Keuangan Retno Mardiasmo, Istri Sekjen Kementerian Kehutanan Ambarwati Bambang Hendroyono serta Istri Panglima TNI Nani Hadi Cahyanto.

Kehadiran para Istri Menteri Kabinet Kerja ini sebagai bagian dari upaya mewujudkan kemandirian pangan keluarga. Sasaran dari kegiatan ini berharap masyarakat dapat mengadopsi kegiatan RPL sebagai solusi dan cara meningkatkan ekonomi serta pemenuhan pangan sehat keluarga, dengan cara penerapan inovasi pertanian yang mudah diterapkan.

Untuk menggaungkan pemanfaatan lahan pekarangan tersebut, dilaksanakan shooting tutorial aktivitas budidaya tanaman sayuran oleh OASE, dimulai dari: penyiapan media tanam, pembibitan, penanaman, pemeliharaan (penyiraman dan pengendalian OPT) dilakukan di spot-spot Taman Agro Inovasi BPTP DKI. Praktek budidaya di lahan pekarangan tersebut dipandu oleh Tim Taman Agroinovasi (Tagrinov) BBP2TP, Balitbangtan yang dikomandoi Ibu Maesti Mardiharini dan Tim Tagrinov BPTP DKI.

Kegiatan OASE dilanjutkan dengan olahan pangan berupa pembuatan smoothies dari sawi putih dan daun kelor, dan diakhiri kegiatan pemasaran dilaksanakan di Toko Tani Indonesia (TTI), yang digawangi Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian.

Retno Mardiasmo (istri Wakil Menkeu) menyatakan harapan dan apresiasinya terhadap upaya Kementan untuk mewujudkan kemandirian pangan keluarga oleh keluarga dengan cara mudah dan efisien.

“Setiap rumah tangga, diharapkan mengoptimalisasi sumberdaya yang dimiliki, termasuk pekarangan, dalam menyediakan pangan bagi keluarga,” ujar Retno Mardiasmo. (MRZ)