Home Berita Dinkes Tangsel Kembali Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji

Dinkes Tangsel Kembali Tes Kebugaran Calon Jemaah Haji

0

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) melalui Dinas Kesehatan kembali melakukan tes kebugaran terhadap calon jamaah haji asal Tangsel di Tandon Ciater, Jalan Widya Kencana Ciater, Buaran, Serpong, Kota Tangsel, Kamis (28/2/2019).

Dalam kegiatan itu, para calon jemaah haji mengikuti tes rock Rockport, yaitu dengan lari kecil atau berjalan kaki mengelilingi Tandon Ciater sepanjang 800 meter sebanyak dua putaran sesuai kemampuan.

“Nanti hasilnya dilihat sesuai dengan kelompok umur dan jenis kelamin. Kalau memang dia kuatnya lari  ya lari, kalau jalan ya jalan,nanti hasilnya akan terlihat sesuai dengan jenis umur dan jenis kelamin,” jelas Kepala Seksi Promosi Kesehatan, Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, Kesehatan Olahraga (Prom Kesling Kesjaor) Dinas Kesehatan Tangsel, Lilis.

Kali ini, tes dihadiri oleh 186 jemaah haji, yang  sebelumnya pada tes tahap pertama dihadiri oleh 752 jemaah. Lilis mengungkapkan bahwa para jemaah yang tidak hadir dalam acara tersebut dapat melakukan cek kebugaran di puskesmas ataupun klinik masing masing, supaya dapat melakukan latihan – latihan sesuai dengan kebugarannya.

“Kemarin ada konfirmasi jamaah bagaimana jika tidak bisa hadir? Ya silahkan saja koordinasi dengan puskesmas masing-masing atau di swasta (klinik) pun boleh, dimana saja, kita hanya untuk mengukur tingkat kebugaran,” jelasnya.

Lilis melanjutkan, tes kebugaran ini terdiri dari tiga penilaian, yaitu baik , kurang dan cukup yang akan diumumkan paling lambat seminggu kemudian melalui Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) atau Kantor Urusan Agama (KUA).

Kegiatan ini diharapkan tidak hanya seremonial saja, akan tetapi jemaah haji dapat melakukan latihan sendiri minimal 30 menit dalam satu hari agar lebih siap dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Sementara kepala Kementrian Agama (kemenag) Kota Tangsel Abduk Rozak mengatakan jumlah calon jemaah haji pada tahun ini cukup banyak.

“Jumlah jemaah tahun ini 1163 calon jamaah haji yang akan diberangkatkan dari Tangsel. Itupun nanti menunggu pelunasan, tes kesehatan dan sebagainya,” ungkapnya. (wan)