Home Berita Gubernur Nilai PPDB Pakai Sistem Zonasi Tidak Efektif

Gubernur Nilai PPDB Pakai Sistem Zonasi Tidak Efektif

0

Wahidin Halim, Gubernur Banten menyebut Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang memakai sistem zonasi sesuai Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 51 tahun 2018 dinilai tidak efektif.

“Kalau dilihat parsial, efektif. Banyak orang berharap harusnya dikedepankan prestasi tapi sekarang tidak harus lingkungan. Menurut saya belum efektif,” terang WH sapaan akrabnya saat rapat terbuka PPDB dengan sejumlah kepala sekolah di RM Jagarawa, Cipondoh, Kota Tangerang, Selasa (18/6/2019).

WH mengatakan, yang tak diperhitungkan harusnya secara rasio. Karena, kalau dihitung jumlah sekolah dengan kebutuhan pada daerah yang padat penduduk dimana memang peluang untuk mendapatkan pendidikan lebih besar.

“Dari sini lah memang risikonya, bahwa sekolah terbatas tapi jumlah peminat tinggi. Hal ini yang tidak diperhitungkan oleh Pak Menteri Pendidikan,” jelasnya.

Mantan Walikota Tangerang dua periode ini menambahkan, penerapan zonasi menuntut Pemerintah Daerah untuk berbenah diri dalam menyediakan infrastruktur pendidikan.

“Pasalnya, jumlah siswa lebih banyak atau tidak sesuai dibanding ketersediaan sekolah negeri di masing-masing wilayah,” imbuhnya

Dalam hal itu, kata WH, dirinya sengaja hari ini mengundang seluruh kepala sekolah SMK dan SMA se Kota Tangerang untuk dimintai pendapatnya.

“Ini menjadi persoalan dan menjadi catatan kita. Hari ini kita mengundang kepala sekolah untuk mencari jalan keluar. Apakah ke depan perlu ada penambahan bangunan kelas, sekolah baru atau bagaimana akan kita bahas,” tukasnya. (Amd)