Home Berita Hari Sampah Sedunia, Pramuka Mauk Bersih-bersih di Kampung Nelayan Ketapang

Hari Sampah Sedunia, Pramuka Mauk Bersih-bersih di Kampung Nelayan Ketapang

0

Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Mauk menggelar “Aksi Bersih-bersih Sampah” pada peringatan Hari Sampah Sedunia, bertempat di Kampung Nelayan, Desa Ketapang, Kecamatan Mauk, Sabtu (21/9/2019).

Kegiatan bakti sosial memungut sampah itu dilakukan oleh anggota Pramuka tingkat Penegak dan Laksana (SMA/SMK Sederajat).

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Mauk Napiuddin mengatakan giat ini dalam rangka peringatan hari sampah sedunia, dan pihaknya ingin masyarakat tahu bahwa sampah saat ini bukan menjadi masalah tapi justru bisa menghasilkan nilai-nilai ekonomi.

“Giat ini sebagai bukti pengamalan dari dasa darma yang kedua yaitu cinta alam dan kasih sayang sesama manusia,” ucap Ka.Kwarran Mauk Napiuddin, Sabtu (21/9).

Dia menambahkan dengan adanya jual beli sampah akan berdampak pada berkurangnya volume sampah, terutama sampah plastik yang sulit diurai dalam tanah dan lingkungan.

“Dia berharap dimauk ada bank sampah mendorong masyarakat untuk memilah sampah agar bisa ditukar dengan uang,” katanya.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mauk ,H. Cucu Abdurrosyied memberikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh Gerakan Pramuka Kwarrtir Mauk.

Dia berharap kegiatan yang dilaksanakan oleh Pramuka Mauk akan menjadi contoh bagi seluruh masyarakat diwilayah Mauk.

“Saya apresiasi Pramuka Mauk sebagai bukti sekaligus contoh bagi pramuka lain dan masyarakat sekitar,” tukasnya.

Jumlah sampah yang berhasil dikumpulkan dalam kegiatan tersebut sebanyak 50 kantong sampah. (Sam)