Home Home Tok, Eks Ketua KONI Kota Tangerang Divonis 5 Tahun 10 Bulan Penjara

Tok, Eks Ketua KONI Kota Tangerang Divonis 5 Tahun 10 Bulan Penjara

0

Mantan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang, Dasep divonis hukuman kurungan 5 tahun 10 bulan penjara.

Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Serang menyebut, mantan ketua tim kemenangan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah dan Syahrudin pada periode pertama ini secara sah dan meyakinkan melakukan penyelewengan dana olah raga dan atlet untuk kepentingan pribadi.

“Terdakwa (Dasep) terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama – sama dan dipidana penjara 5 tahun 10 bulan,” tegas ketua Majelis Hakim, M Ramdes di Pengadilan Tipikor Jalan Serang – Pandeglang, Banten, Senin (2/12/2019).

Selain dijatuhi hukuman penjara, Dasep juga harus membayar denda Rp 200 juta dengan subsider dua bulan kurungan.

Tak hanya itu, Dasep juga diharuskan membayar uang pengganti sebilaiRp 250 juta. Apabila tidak bisa menyanggupi kewajiban tersebut maka harta benda miliknya senilai tersebut akan disita.

Aabila terdakwa tidak mempunyai harta benda maka akan dipidana penjara selama 2 tahun.

Pada kasus yang menjerat Dasep, majelis hakim menilai terdakwa terbukti memenuhi unsur korupsi secara bersama-sama dan memperkaya diri sendiri dan orang lain.

Sebelumnya, terdakwa Dasep dituntut selama 6,5 tahun penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Reza Vahlefi dari Kejaksaan Negeri Kota Tangerang.

Dalam agenda putusan ini Ketua Majlis Hakim M Remdes juga sempat membacakan hal – hal yang dianggap meringankan terdakwa. Hakim menyebut hal yang meringankan terdakwa Dasep hanyalah kesopan selama menjalani persidangan dan kooperatif saat memberikan keterangan, serta mengakui perbuatannya. (Rmt)