Home Berita Forkopincam Sepatan Rakor Tingkatkan Sinergitas

Forkopincam Sepatan Rakor Tingkatkan Sinergitas

0

Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Sepatan menggelar rapat koordinasi tingkatkan sinergitas dengan Kapolsek, Koramil 10/Sepatan, para kepala desa, OKP, Ormas, PGRI, MUI, PKH, Anak Rempah dan PKK. Rakor digelar di Gedung Serba Guna (GSG), Senin (13/1/2020).

Camat Sepatan, Dadang Sudrajat mengatakan, kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi ini rutin digelar bersama para pimpinan kecamatan.

“Peserta yang mengikuti rapat koordinasi ini semua stekholder yang ada di Sepatan,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk melakukan koordinasi dan evaluasi pemerintahan desa, serta menyampaikan informasi pemerintahan desa terbaru kepada kades, perangkat desa, dan BPD se-Kecamatan Sepatan.

Ditambahkannya, rapat kali ini menekankan program pembangunan yang diselaraskan dengan 15 program unggulan Bupati Tangerang. Dan juga rencana musrembangdes dan pasca banjir.

Disamping itu, Dadang juga mengingatkan kepada kades yang baru dilantik setelah pemilihan kepala desa tahun 2019 lalu agar menyelesaikan dokumen rencana pembangunan jangka menengah desa dan jangka panjang.

Dadang Sudrajat mengatakan bahwa pemerintah desa dan perangkatnya merupakan ujung tombak pembangunan. Makanya Pemdes mempunyai peran besar dalam percepatan pembangunan khususnya di Kecamatan Sepatan.

“Maka tanpa dukungan pemerintah desa, maka program pemerintah kabupaten, provinsi, dan pusat tidak akan tercapai,” katanya.

Masih kata Camat, pihaknya berharap ada kerja sama antara Pemdes, perangkatnya, BPD, OKP, Ormas dengan pemerintah kecamatan.

Selain itu, ia juga berharap agar Kades memberdayakan perangkatnya untuk bekerja guna melayani masyarakat.

“Sebagai perangkat desa sebenarnya juga harus tahu tugasnya untuk membantu Kades. Jadi ada kerja sama yang harmonis,” ucapnya.

Peran BPD di bidang pengawasan kata Camat, juga harus dioptimalkan untuk pembangunan kedepan. Camat juga berharap adanya kerja sama yang baik antara Kades dan BPD.

“Jangan sampai karena mempunyai fungsi sebagai pengawas, BPD mencari-mencari kesalahan Kades. Makanya saya meminta semuanya harus kompak guna menciptakan sepatan yang semakin maju kedepan,” ujarnya.

Camat juga menekankan kepada Organisasi masyarakat (Ormas) agar dilapangan sesuai dengan AD/ART nya, berbagi peranan dalam perencanaan dan pengawalan pembangunan, bantu juga pengawasan kepada kinerja pemerintah desa dengan kecamatan.

“Kalau Ormas bersinergi dengan pemerintah desa dan pemerintah kecamatan, maka pembangunan di wilayah sepatan akan maju dan berkembang,” pungkasnya. (Sam)