Home Berita Combro Jalak Harupat Hadir di Mauk

Combro Jalak Harupat Hadir di Mauk

0

Jajanan khas nusantara memang tak bisa lepas dari lidah Orang Indonesia, salah satunya lidah orang Mauk.

Combro adalah makanan tradisional khas Jawa Barat yang berbahan baku utama singkong dan oncom sebagai isinya.

Combro masuk dalam kategori jajanan pasar, karena memang biasa dijual di pasar bersama makanan-makanan tradisional lainnya.

Combro paling enak disantap ketika masih panas atau belum lama diangkat dari penggorengan.

Combro berbentuk bulat dengan tekstur empuk dan rasa yang gurih.

Bahan luar combro berbahan baku singkong yang diparut lebih dahulu, sedangkan bagian dalamnya merupakan campuran oncom dan beberapa bumbu tambahan lainnya.

Combro (oncom di jero) jika biasanya combro hanya diisi dengan olahan oncom, kini beberapa pelaku usaha mulai mengkreasikan isi combro.

Salah satunya adalah Bagio Wijaya, yang bakal mengusung brand usaha bernama Comro Jalak Harupat.

“Dengan usahanya tersebut Bagio wijaya akan mengangkat kearifan lokal kuliner melalui salah satu makanan khas daerah mauk yakni Comro,” kata Bagio Wijaya pemerhati Sejarah Mauk kepada tangerangoline.id, Selasa (14/1/2020).

Bagaimana geliat usahanya ? Agar bisa diterima lidah generasi muda yang notabene menyukai makanan modifikasi, pria yang biasa disapa Yoyo ini bakal mengkreasikan bahan isian Comro yang merupakan Jajanan yang sudah mulai langka di jumpai.

Akan tetapi, tak seperti pelaku usaha kuliner lain yang berupaya 100% mengubah image jajanan tradisional menjadi jajanan modern, Yoyo lebih memilih untuk melakukan substitusi.

“Bahan isian Comro yang semula hanya berupa tumisan oncom, rencananya akan dipadukan dengan bahan lain seperti parutan keju, sambal mangga atau pipilan jagung manis,” ucapnya.

Kemudian setelah dilakukan uji resep dan alhasil telah mendapatkan formula resep Comro modifikasi yang enak rasanya.

“Rencananya pada 20 Januari 2020, Yoyo sapaan akrab Bagio Wijaya akan mulai membuka Outlet Kuliner guna menawarkan menu kreasinya yang bertempat di Depan Alfamart Cibenong, Desa Sasak, Kecamatan Mauk. Comro Jalak Harupat bakal ditawarkan dengan harga Rp 10 ribu per paket box (isi 7 pcs),” terangnya.

Walaupun menawarkan aneka Comro yang lebih beragam, Yoyo memastikan cita rasa khas oncom tetap terasa di dalam setiap varian yang dihadirkan.

“Ia juga menjamin bahwa produk Comro Jalak Harupat halal serta aman dikonsumsi semua kalangan, baik anak-anak atau pun orang dewasa,” jelasnya.

Dalam menjalankan usaha kuliner ini, Yoyo juga akan mempromosikan aneka kreasi Comro Jalak Harupat melalui media online di internet. Mulai dari jejaring sosial seperti Facebook, blog hingga Twitter. Selain itu, demi memperluas jaringan, selain itu Yoyo kerap akan selalu mengikuti bazaar kuliner dalam berbagai event.

“Khusus kepada pengunjung yang akan singgah menghampiri outlet Comro Jalak Harupat pada acara Coming soon pada 20 Januari 2020 mulai pukul 16.00 Wib akan diberikan secara cuma-cuma alias gratis sebagai tanda perkenalan kepada pelanggan serta Penggemar Kuliner Jajanan khas daerah wong mauk,” tegas Bagio Wijaya. (Sam)