Home Bandara Benda ini Paling Banyak Disita Dari Penumpang di Bandara Soetta

[Infografis] Benda ini Paling Banyak Disita Dari Penumpang di Bandara Soetta

0

Ketika akan bepergian menggunakan pesawat udara, calon penumpang terlebih dahulu harus memahami benda-benda apa saja yang dilarang dibawa ke dalam kabin pesawat.

Sebab, tidak sedikit barang bawaan penumpang harus disita petugas keamanan bandara atau Aviation Security karena termasuk dalam kategori Barang Dilarang (Prohibited Items) bagi penerbangan.

Benda atau barang penumpang yang termasuk kategori Barang Dilarang (Prohibited Items) tersebut disita di tempat pemeriksaan barang dan penumpang atau Security Check Point (SCP).

“Barang bawaan atau benda yang paling banyak disita oleh petugas di SCP diantaranya gunting, cutter dan multi tools,” kata Senior Manager of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, Febri Toga Simatupang, kepada tangerangonline.id di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (15/1/2020).

Selain itu, petugas aviation security juga menyita barang bawaan penumpang berupa, cairan yang lebih dari 100 mililiter (dari penumpang penerbangan internasional) dan powerbank dengan kapasitas tertentu.

Penumpang pun disarankan agar tidak membawa benda-benda yang dilarang (Prohibited Items) dalam penerbangan.

Secara garis besar, berikut barang – barang yang dilarang diangkut menggunakan pesawat udara baik domestik maupun internasional :

1. Alat peledak
2. Barang berbahaya (Dangerous Goods) yang terdiri dari 9 klasifikasi diantaranya:
– Bahan peledak
– Gas
– Benda cair mudah terbakar
– Benda padat mudah terbakar
– Gas pengoksidasi dan peroksida organik
– Toxic / racun dan zat menular
– Radio aktif
– Bahan yang bersifat korosif
– Barang-barang lain yang dianggap berbahaya dan mengancam keselamatan penerbangan apabila diangkut dengan menggunakan moda transportasi udara seperti korek api, magnet, biang es, kendaraan, dan lainnya.

Selain itu, ada juga benda yang harus ditempatkan dalam bagasi tercatat dan benda yang membutuhkan izin khusus diantaranya ;

Benda yang harus ditempatkan dalam bagasi tercatat seperti : 
– Benda tajam
– Benda Tumpul yang dapat melukai
– Zat Cair Lebih Dari 100 ml (khusus penerbangan internasional) kecuali obat-obatan medis, makanan /minuman / susu bayi dan makanan/minuman penumpang untuk diet khusus.

Benda yang membutuhkan izin khusus, seperti :
– Senjata Api dan peluru
– Benda yang Memiliki Kandungan Gas
– Peralatan Elektronik Portabel (Handphone, Laptop dll)
– Power bank diatas 160 Wh dilarang untuk masuk kabin maupun bagasi baik penerbangan internasional maupun domestik, kapasitas 100-160 Wh harus mendapat persetujuan dari maskapai terkait. (Rmt)