Home Berita Kemenag Tangsel Gowes Kerukunan HAB ke-74

Kemenag Tangsel Gowes Kerukunan HAB ke-74

1

Sekira 1.500 peserta antusias mengikuti Gowes Kerukunan tahun 2020 yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) Kota Tangerang Selatan di halaman kantor Kemenag Tangsel, Ciater, Serpong, Minggu (18/1/2020).

Acara Gowes Kerukunan ini merupakan puncak peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke-74 Kementerian Agama RI 3 Januari.

Turut hadir pada acara pembukaan, walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Kepala Biro Perencanaan Kementerian Agama RI, Ali Rohmat, Ketua DPRD Tangsel, Kapolres Tangsel, Dandim 0506 Tangerang, pengurus FKUB Tangsel, para tokoh dan perwakilan lintas agama di kota Tangsel.

Kepala Kantor Kemenag Tangsel, Abdul Rojak mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemkot Tangsel akan terus menjalin silaturahmi dengan berbagai organisasi lintas agama, sehingga bila ada permasalahan yang akan timbul secepatnya dapat diselesaikan, dan menjaga agar kebersamaan, kerukunan, dan kekompakan antarumat beragama di kota Tangsel semakin kuat.

“Kota Tangsel adalah kota yang majemuk. Maka, sebagai konsekuensi dari hal tersebut, potensi terjadinya gesekan antara pihak-pihak yang memiliki perbedaan akan senantiasa ada. Oleh karena itu, baik Kemenag Tangsel maupun Pemkot Tangsel beserta jajaran di bawahnya mengoptimalkan silaturahmi, komunikasi, dan pendekatan kepada tokoh agama atau tokoh masyarakat dari umat atau golongan manapun,” jelas Rojak sebagaimana dilansir tim kominfo Kemenag Tangsel.

Dirinya berharap, kegiatan-kegiatan kebersamaan seperti Gowes Kerukunan ini dapat membangun kehidupan keberagamaan yang stabil, kondusif, toleran, dan teduh di kota Tangsel.

“Tentunya diperlukan kerjasama dan sinergi semua pihak. Kemenag Tangsel sendiri selalu siap memfasilitasi dan mengoptimalkan peran para penyuluh dan organisasi yang ada, juga mengadakan pembinaan kepada organisasi guru di semua jenjang,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan Kemenag RI, Ali Rohmat, mengajak semua yang hadir untuk ikut menjaga persatuan dan kerukunan umat beragama. Menurutnya, menjaga kerukunan antar umat beragama adalah melalui integritas berbangsa dan bernegara.

“Sesuai tema HAB ke 74 Kemenag tahun yaitu Umat Rukun Indonesia Maju, mari kita rawat dan kita bina kerukunan antar umat beragama dengan saling menghargai, saling menghormati, dan di atas kemuliaan harkat dan martabat bangsa. Dengan begitu, Insya Allah Indonesia akan maju,” tandasnya.

Hal yang sama disampaikan Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany, yang memberi apresiasi atas terselenggaranya Gowes Kerukunan ini.

“Mari kita jadikan perbedaan menjadi sebuah kekuatan untuk pembangunan di kota Tangerang Selatan. Mudah-mudahan Tangsel selalu damai, selalu tenang, dan apapun yang terjadi kita tetap mencintai kota kita, sehingga proses pembangunan dan penataan di kota Tangerang Selatan akan lebih baik lagi,” ujar Airin sebelum melepas peserta Gowes Kerukunan.

Panitia menyediakan kaos sejumlah 1000 buah. Para peserta yang tidak kebagian kaos mengenakan seragam kaos dari klubnya masing-masing.

Gowes Kerukunan 2020 ini mengambil rute sekitaran BSD menyusuri jalan raya Ciater, Pasar Jajan, Pasar Modern, BSD Junction, Hotel Grand Zurigh dan kembali ke kantor Kemenag Tangsel.

Selepas Gowes, dibagikan doorprizes berupa 26 buah sepeda dan puluhan hadiah lainnya yang didapat dari para donatur dan sponsorship, antara lain dari Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, Sekda Tangsel, Muhamad, Anggota DPR RI Komisi VIII, Ali Taher Parasong, Gereja St. Monica, Koperasi Kemenag Kab. Tangerang, FK KBIHU Tangsel, Gereja Katolik Sanmare, PHDI, BJB cabang Daanmogot, BJB BSD, BJB Syari’ah, BSM Bintaro, BRI KC Tangerang A. Yani, dan BRI Prioritas.

Acara Gowes Kerukunan 2020 ditutup dengan doa untuk keselamatan dan kerukunan di Kota Tangsel khususnya, Indonesia, dan dunia pada umumnya. (ris)


1 COMMENT

Comments are closed.