Home Bandara Menhub Tinjau Pergerakan Pesawat di Runway 3, OTP Bandara Soetta Meningkat

Menhub Tinjau Pergerakan Pesawat di Runway 3, OTP Bandara Soetta Meningkat

0

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau pergerakan (movement) pesawat di landasan pacu atau runway 3, east cross taxiway dan Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Menhub meninjau movement pesawat melalui Tower Jakarta Air Traffic Service Center (JATSC) Airnav, Bandara Soetta.

“Tadi saya sudah melihat langsung pergerakan pesawat baik pada saat take off dan landing di runway 3 dan east cross taxiway di Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan fungsi dari fasilitas tersebut benar-benar dirasakan manfaatnya,” kata Menhub di AOCC Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (26/1/2020).

Dari hasil peninjauannya, Menteri Budi berujar bahwa seluruh fasilitas yang baru diresmikan tersebut sangat terkontrol dengan baik.

Bahkan kata Menhub, laporan yang diperolehnya, proses antrean yang tadinya 10 antrean pesawat menjadi 3 antrean.

“Semua terkontrol dengan baik, dan ini harus diapresiasi. Saya sudah lihat juga tidak ada lagi antrean yang panjang ataupun pesawat yang melakukan holding,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II, Muhamad Awaluddin menambahkan, selama pengoperasian Runway 3 tersebut on time perfomance (OTP) yang ada di Bandara Soetta meningkat dari tahun lalu.

“Adanya pengoperasian runway ini, OTP kita meningkat. Dimana kita ketahui, pertama kali runway ini digunakan pada periode Nataru dengan periode 20 Desember 2019 hingga 6 Januari 2020 dari itu kita dapati OTP sebesar 83 persen dengan 23 ribu pergerakan,” kata Awaluddin.

“Cukup meningkat dari tahun lalu. Tahun 2018 ke 2019 dengan periode yang sama hanya 79 persen,” tandas Awaluddin. (Rmt)