Home Berita Sepanjang 2019, Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang Deportasi dan Tangkal 632 WNA

Sepanjang 2019, Kantor Imigrasi Kelas 1 Tangerang Deportasi dan Tangkal 632 WNA

0

Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas I non TPI Tangerang telah mendeportasi dan menangkal sebanyak 632 warga negara asing (WNA) dari berbagai asal negara.

Pada umumnya, mereka dideportasi lantaran melanggar Undang-Undang Keimigrasian Republik Indonesia. Seperti, masa izin tinggalnya berakhir (overstayer) dan pelanggaran lainnya.

“Yang paling banyak dideportasi adalah WN Nigeria sebanyak 565 orang, disusul WN China sebanyak 96 orang dan 15 WN Korea Selatan,” kata Felucia Sengky Ratna, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang saat ditemui di kantornya, Senin (27/1/2020).

Selain itu, jajaran Imigrasi Kelas I Tangerang tengah melakukan penyelidikan terhadap 1 WN Bangladesh yang masuk ke wilayah Indonesia tanpa melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI).

“Kami juga melalukan penyidikan terhadap satu orang WN Bangladesh dengan pengenaan pasal 113 Undang-Undang nomor 6 tahun 2011 masuk ke wilayah Indonesia tanpa melalui TPI,” kata Sengky.

Tingginya angka pelanggaran Keimigrasian di Tangerang, pihak Imigrasi berharap peran serta masyatakat untuk melaporkan keberadaan WNA yang mencurigakan. Karena prinsip NKRI terhadap orang asing adalah Selective Policy.

“Artinya orang asing yang boleh tinggal dan berkegiatan di Indonesia ialah orang asing yang memberikan kesejahteraan bagi bangsa dan negara Indonesia (Prosperity Approach) dan tidak mengancam keamanan dan kedaulatan NKRI (Security approach),” pungkas Sengky. (Rmt)