Home Berita Dindik Tangkot Segera Luncurkan e-absen

Dindik Tangkot Segera Luncurkan e-absen

0

Guna mempermudah orang tua dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya saat di sekolah, Dinas Pendidikan (Dindik) Tangerang Kota (Tangkot) akan meluncurkan sistem baru, yang bernama e-absen.

E-absen ini dibuat agar mempermudah orang tua mengawasi anaknya masuk sekolah atau tidak dengan mudah. Seperti E-raport, E-absen akan hadir melalui aplikasi yang nantinya bisa di download oleh orang tua melalui smartphone.

Kepala Dindik Kota Tangerang, Masyati Yulia mengatakan, E-absen sendiri adalah persembahan dari Dindik untuk Kota Tangerang yang akan berusia 27 tahun. Dan rencananya E-absen akan dilaunching bertepatan dengan HUT Kota Tangerang yang jatuh pada tanggal 28 Februari nanti.

Selain itu, Kata Masyati E-absen yang bisa digunakan orangtua di mana saja dan kapan saja itu, yang mengoprasikan E-absen adalah Walikelas setiap sekolah dan langsung terpantau oleh Kepala Sekolah dan juga Dinas Pendidikan.

“Anak-anak siswa sudah tidak lagi bisa berbohong kepada orangtuanya, karena e-absen ini akan di gunakan orangtua mereka,” ujar Masyati saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (31/01/2020).

“Jadi pada saat masuk sekolah, siswa akan di absen oleh Walikelas menggunakan E-absen kalau siswa tersebut tidak masuk maka orangtua bisa tahu bahwa anaknya tidak masuk sekolah,” sambung Masyati.

Masyati menjelaskan, selain untuk mempermudah orang tua dalam melakukan pengawasan, E-absen ini juga digunakan Dindik Kota Tangerang untuk memantau kinerja guru dari sisi kedisiplinan.

“Kami akan juga memantau, guru yang malas akan terlihat. Dari e-absen akan ketahuan guru tersebut mulai melakukan absen jam berapa, contoh siswa sudah hadir semua pada pukul 07.00 WIB dan guru datang 07.30 WIB maka juga akan ketahuan selain itu sebaliknya jika siswa tersebut tidak masuk atau telat guru dan orangtua akan mengetahuinya,” terangnya.

Masyarakat menjabarkan, sebelum diterapkannya E-absen di setiap sekolah di Kota Tangerang, semua tenaga pengajar tanpa terkecuali akan diberikan pelatihan terlebih dahulu. Agar guru yang menggunakannya tidak rumit dan juga tidak salah dalam menggunakan E-absen.

“Pastinya kita beri pelatihan terlebih dahulu, kalau tidak diberikan pelatihan kasihan guru tersebut. Initinya adanya aplikasi ini untuk mempermudah dan juga untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kota Tangerang,” imbuhnya.

Masyati menambahkan, untuk e-raport semua sekolah yang dinaungi oleh Dindik Kota Tangerang saat ini sudah berjalan. Orangtua juga bisa tahu nilai anak dari aplikasi yang ada. Bahkan, e-raport ini orangtua bisa dengan mudah memantau perkembangan anaknya dalam segi pendidikan.

“Kalau anaknya kurang dalam belajar, orangtua bisa membantu memberikan pendidikan di rumah untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat belajar mereka. Jangan sampai orangtua cuek dengan pendidikan anak-anaknya, dengan kata lain E-raport ini bisa mengetahui berapa persen anaknya menyerap ilmu di sekolah,” tukasnya. (Amd)