Home Index Kedapatan Selundupkan 9 Kg Daun Khat, WN Yaman Diamankan di Bandara Soetta

Kedapatan Selundupkan 9 Kg Daun Khat, WN Yaman Diamankan di Bandara Soetta

0

Seorang warga negara asing (WNA), berinisial ARA (30) diamankan oleh petugas di Terminal 2F Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Pasalnya WN Yaman tersebut kedapatan membawa 9. 316 gram daun Khat.

Kapolres Bandara Soetta, Kombes Pol Adi Ferdian Saputra mengatakan, WNA tersebut datang ke Indonesia menggunakan pesawat Low Cost Carrier (LCC) pada Senin, 3 Februari 2020 lalu.

“Pengakuan sementara tersangka, daun Khat ini akan digunakan oleh teman-temannya khususnya warga negara Arab di Puncak Bogor,” kata Kombes Pol Adi di Mapolresta Bandara Soetta, Tangerang, Kamis (13/2/2020).

Kapolres memgungkapkan, modus tersangka menyelundupkan daun khat tersebut dengan cara dikemas menggunakan kemasan daun teh.

“Jadi kamuflase. Daun Khat ini dibungkus dengan kemasan daun teh. Kami terus melakukan pengembangan,” ungkap Adi.

Sementara, Kepala Bagian Penindakan dan Penyidikan Bea dan Cukai Bandara Soetta, Budi Iswantoro mengatakan, daun Khat mengandung alkaloid monoamine yang disebut katinona, zat stimulan yang mirip amfetamin dan menimbulkan hilangnya nafsu makan, dan halusinasi.

“Daun Khat mengandung khatinon dan termasuk golongan narkotika Golongan 1. Efek sampingnya sama seperti ganja, jadi ini termasuk barang yang terlarang,” ungkap Budi.

Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya, ARA kini ditahan di sel tahanan Polresta Bandara Soetta. Tersangka disebut melanggar Undang-Undang nomor 35 tahun 2009 dengan ancaman hukuman mati, penjara seumur hidup atau maksimal kurungan penjara paling lama 10 tahun. (Rmt)