Home Berita Aplikasi SIDONI Hadir di PMI Tangkab, Apa Itu?

Aplikasi SIDONI Hadir di PMI Tangkab, Apa Itu?

0

SIDONI (Sistem Informasi Donor Darah Indonesia) adalah aplikasi digital yang dikembangkan oleh Unit Donor Darah PMI Tangerang Kabupaten (Tangkab). Dengan aplikasi ini pendonor akan terkoneksi secara real time tidak hanya sekedar melihat jadwal kegiatan donor darah terdekat maupun stock darah, pendonor juga dapat melihat riwayat donasi darah sebelumnya (untuk data yang telah terverifikasi).

Pendonor yang telah mendownload aplikasi dapat mengisi inform consent donor (formulir donor) secara online dan tinggal menunjukan kartu dobor digital yang terdapat didalam apkikasi, sehingga dapat meminimalisir antrian pengisian inform consent (formulir donor).

“Pendonor dapat pula terhubung langsung dengan petugas kami yang siap melayani pertanyaan dan masukan dari para pendonor,” terang Ketua PMI Tangkab, Soma Atmaja kepada awak media di Gedung Pendopo Bupati Tangerang, Jalan Kisamaun, Kota Tangerang, Jum’at (14/2/2020).

Soma Atmaja mengatakan, aplikasi SIDONI ini diciptakan atau diprakasai oleh UDD Kabupaten Tangerang.

“Salah satu inovasi yang layak dibanggakan dan menjadi rujukan nasional adalah lahirnya aplikasi SIDONI atau Sisitem Informasi Donor Darah Indonesia, jadi kita menyumbang darah bisa lewat aplikasi ini,” terangnya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati Tangerang yang selalu membimbing dan membina PMI, mudah-mudahan aplikasi ini bisa digunakan PMI-PMI lain diseluruh indonesia, dan kedepan PMI selalu amanah dalam menjalankan kemanusiaan,” imbuhnya. (Sam)