Home Bandara Terlanjur Diberangkatkan dari Bandara Soetta, 134 Calon Jemaah Umrah Akan Dipulangkan Hari...

Terlanjur Diberangkatkan dari Bandara Soetta, 134 Calon Jemaah Umrah Akan Dipulangkan Hari ini

0
Executive General Manager Bandara Internasional Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II, Agus Haryadi. //tangerangonline.id

BANDARA SOETTA – Sebanyak 134 calon jemaah umrah yang terlanjur diberangkatkan ke Arab Saudi akan segera dipulangkan ke tanah air. Rencananya pemulangan calon jemaah umrah akan dilakukan pada hari ini, Jumat (28/2/2020).

Pemulangan calon jemaah umrah tersebut dilakukan lantaran adanya larangan kunjungan warga negara asing dari 22 negara termasuk Indonesia dalam rangka umrah untuk sementara oleh Otoritas Arab Saudi sejak kemarin.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) PT Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan, sebanyak 2.665 calon jemaah umrah memiliki jadwal keberangkatan pada hari Kamis (27/2) kemarin dan telah berada di Bandara Soetta. Bahkan terdapat sejumlah calon jemaah yang telah diberangkatkan.

“Kemarin kurang lebih sudah ada 2.665 calon jemaah umrah yang akan berangkat. Sebagian sudah diberangkatkan lewat beberapa flight di pagi hari,” kata Agus di Terminal 1B Bandara Soetta, Tangerang, Jumat (28/2/2020).

Menurut Agus, sebanyak 134 calon jemaah haji yang terlanjur berangkat akan dipulangkan ke tanah air pada hari ini.

“Laporan yang sudah kami terima ada sekitar 134 calon jemaah umrah yang sudah berangkat kemarin. Mereka belum tiba di Jeddah,” tutur Agus.

Dijelaskannya, calon jemaah umrah tersebut berangkat pukul 00.00 WIB dari Bandara Soetta. Sementara maskapai yang mengangkut calon jemaah tersebut mendapat notifikasi sekira pukul 02.00 WIB.

“Sehingga kemudian posisinya mereka belum sampai sana. Kebetulan ini yang mengangkut salah satu maskapai asing, yang kemudian berbasis transit di Abu Dhabi. Nah, hari ini jadwalnya mereka akan kembali sebanyak 134 itu,” kata Agus.

Menurut Agus, pemberangkatan ratusan calon jemaah umrah tersebut sebelum memperoleh informasi larangan kunjungan dari Otoritas Arab Saudi.

“Sebagian (calon jemaah) juga sudah naik ke pesawat, akhirnya diturunkan lagi. Setelah larangan tersebut diterapkan, dipastikan mereka (yang telah berada di Bandara) tidak berangkat,” ujarnya. (Rmt)