Home Berita Koperasi Mina Makmur Sejahtera Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sukadiri

Koperasi Mina Makmur Sejahtera Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Sukadiri

0

Dalam rangka meningkatkan perekonomian masyarakat, anggota pembudidaya dan peternak yang tergabung dalam Koperasi Mina Makmur Sejahtera (KMMS) menggelar rapat anggota tahunan (RAT) lll, di Ponpes Daarul Hikmah Pekayon, Desa Pekayon, Kecamatan Sukadiri, Jumat (28/2/2020).

Salah satu peternak ikan, Wawan mengatakan, bahwa koperasi KMMS ini, mayoritas anggotanya para peternak ikan, pembudidaya, dan pedagang. Kata Wawan, didalam koperasi para anggota sering bertukar fikiran terkait usaha yang sedang digelutinya, seperti cara menjualnya, cara memeliharanya, dan bagaimana caranya agar tidak merugi. Menurut Wawan, koperasi ini sangat baik.

“Koperasi ini anggotanya para pelaku ternak ikan, ada pembudidaya, pedagang serta pengolah, semoga koperasi ini bisa ningkatkan penghasilan anggota yang sejahtera, dan masyarakat bisa budidaya ikan,” harapnya.

Wawan mengatakan, selain membudidaya ikan, anggota koperasi juga banyak yang dilatih membuat pakan alternatif seperti pelet di home industeri dan ternak maggot, untuk para peternak ikan, dan selalu mengadakan RAT setiap setahun sekali untuk menjalankan kewajiban.

“Mereka ada yang buat pakan maggot, lalu ada juga yang olah pakannya, biar kena marjinnya untuk pembudidaya ikan, RAT ini kita adakan 1 tahun sekali jalani kewajiban, sebenarnya kita tiap 1 bulan sekali adakan rapat,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Sukadiri, Maftuh Hasan mengatakan, pihaknya siap mensupport program kesejahteraan masyarakat, dengan cara membuat keterampilan dan kerajinan pangan dimasing-masing wilayahnya yang berada di Kecamatan Sukadiri.

“Teman-teman komunitas koperasi datang ke saya, untuk cari cara supaya KMMS bisa maju, kami dari pemerintah kecamatan berupaya bantu salah satu kelompok masyarakat majukan koperasi, yang anggotanya budidaya ikan air tawar,” tandasnya. (Sam)