Home Berita KNPI Legok dan Pemuda Cirarab Gelar Gerakan Anti Rentenir

KNPI Legok dan Pemuda Cirarab Gelar Gerakan Anti Rentenir

0

Dewan Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPK KNPI) Kecamatan Legok bersama Pemuda Cirarab, Desa Cirarab, menggalakkan dan imbauan anti riba dan rentenir.

Diketahui, berbagai kemudahan seperti pinjaman tanpa agunan, cepat, dan prosesnya tidak ribet selalu menjadi andalan rentenir untuk menjerat masyarakat khususnya pedagang kecil atau pelaku usaha mikro yang membutuhkan modal.

Tidak sedikit masyarakat yang tergiur dengan iming-iming yang ditawarkan rentenir meskipun sebenarnya mereka sadar bahwa bunga pinjamannya sangat tinggi, bahkan melebihi bunga pinjaman yang ditawarkan perbankan dan lembaga keuangan resmi lainnya.

Oleh karenanya, Pemuda Cirarab RT04/02, Desa Cirarab, Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang, menolak riba dan rentenir masuk wilayah desa tersebut. Gerakan itu ditandai dengan pemasangan spanduk-spanduk bertuliskan imbauan untuk rentenir.

Tujuannya, untuk menyadarkan masyarakat bahwa riba itu, selain dilarang agama, juga kemungkinan dapat membuat kondisi keuangan tak stabil. Selain itu, dengan adanya spanduk ini, diharapkan rentenir dari luar enggan masuk ke desa cirarab.

“Karena sudah banyak korban rumah tangga hancur di sebab kan hutang yang tiada henti dan bunga nya pun yang cukup besar,” kata Ketua DPK KNPI Kecamatan Legok, Igo Subarkah, Jum’at (28/2).

Igo mengungkapkan, pihaknya saat ini sedang bekerja sama dengan kepala desa setempat mengenai solusi untuk persoalan ini.

“Mungkin opsi nya itu ada di Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan pemuda desa cirarab Hendra Setiawan sepakat ada nya keseragaman gerak meliputi semua elemen masyarakat untuk membantu mengawasi terkait bank keliling.

“Kami sepakat menolak dan menghimbau kepada masyarakat agar hindari rentenir dan riba. Dan kami pun akan mengawasi bank keliling yang sudah meresahkan masyarakat,” ujarnya. (Sam)