BANDARA SOETTA – Sebagai makhluk sosial, manusia sudah sepatutnya saling membantu atau tolong menolong.
Namun terkadang, dengan niat membantu dan menolong sesama dapat menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Bahkan dapat menjadi korban penipuan.
Seperti yang dialami oleh pria asal Pekanbaru, Riau ini. Ialah, YS.
Pada hari Selasa (16/6/2020) lalu, YS ingin bertolak ke kampung halamannya menggunakan pesawat salah satu maskapai melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).
Disaat akan melakukan proses pelaporan diri atau Check-In, YS bertemu dengan calon penumpang lain yang baru saja ia kenal di Terminal 2E. Ialah LH.
Awalnya YS merasa iba dengan LH karena tidak bisa membeli tiket penerbangan di bandara.
YS pun menawarkan diri membantu calon penumpang tersebut untuk mem-booking tiket melalui salah satu aplikasi penyedia tiket penerbangan.
Tidak sampai disitu, YS kemudian kembali diminta oleh LH untuk membayar tiket senilai Rp 1,6 juta yang telah dibooking tersebut di salah satu minimarket di Terminal 2.
Tanpa menaruh curiga, YS pun memenuhi permintaan LH. Namun, usai melakukan pembayaran tiket di minimarket tersebut, YS tidak lagi menemui LH.
Merasa jadi korban penipuan, YS Kemudian melaporkan yang dialaminya ke Polsubsektor Terminal 2. Tak lama berselang Polisi pun mengamankan LH.
“Setelah dilakukan pengecekan CCTV pergerakan pelaku yang hampir saja meninggalkan bandara dapat diamankan. Penumpang YS dan LH dipertemukan. LH kemudian membayar biaya tiket yang sudah dipesan, selanjutnya pelaku dan korban berdamai,” kata Kasubbag Humas Polresta Bandara Soetta, Ipda Riyanto kepada tangerangonline.id, Minggu (21/6/2020).
Riyanto menjelaskan, problem solving dilakukan agar permasalahan yang terjadi antara kedua pihak dapat diselesaikan dengan kekeluargaan dan tidak menempuh jalur hukum.
“Permasalahan antar penumpang tersebut masih dapat diselesaikan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat. Keduanyan bersedia menyelesaikan permasalahan secara kekeluargaan dan tidak menempuh jalur hukum,” tutur Riyanto.
Terima Kasih POLRI
Atas kejadian ini, penumpang YS pun mengaku sangat berterima kasih atas bantuan Polisi Bandara Soetta.
Betikut ucapan terima kasih dari YS ;
“Tujuan saya membuat video ini, saya mau menyampaikan rasa terima kasih saya karena saya telah ditolong tepatnya di Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 2 oleh Polisi di Pospol Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta.
Jadi dimana saya waktu ingin berangkat ke Pekanbaru, saya menjumpai seseorang dan ternyata saya kena tipu dengan uang Rp 1,6 juta.
Tapi ketika saya melaporkan kasus ini ke Polsubsektor Terminal 2, tanggapan mereka sangat bagus dan mereka langsung mengusut kasus ini dan akhirnya pun saya mendapatkan uang saya kembali.
Terima kasih buat tanggapan bapak polisi, saya merasa senang khususnya kepada Bripka Aris, Brigadir Sandi, Brigadir Wisnu dan Briptu Eko.
Bapak, terima kasih telah menerima laporan saya dan mengusutnya dengan baik. Saya sangat merasa terbantu sehingga saya bisa pulang ke kota saya dengan tanpa kekurangan satu apapun dan juga dengan rasa nyaman.
Saya senang dengan pelayanan dan totalitas kerja para Polisi yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.
Saya juga mengucapkan selamat hari Bhayangkara yang ke-74, Jayalah Polisi Indonesia.”
(Rmt)