Home Bandara Angkasa Pura II dan Stakholder Deklarasikan Safe Travel Campaign

Angkasa Pura II dan Stakholder Deklarasikan Safe Travel Campaign

0

PT Angkasa Pura II (Persero) bersama stakeholder pada Rabu (29/7/2020) kemarin mencanangkan ‘Safe Travel Campaign: Safe Airport for Safe Travel Experience’ di 19 bandara yang dikelola perseroan.

Safe Travel Campaign yang akan berlangsung mulai 29 Juli – 4 September 2020 sekaligus menjadi deklarasi seluruh stakeholder menjaga bandara AP II siap dalam menghadapi tantangan COVID-19.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin secara simbolis meluncurkan Safe Travel Campaign secara online bersama Kepala Otoritas Bandara Soekarno-Hatta Herson, Direktur Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan Mohammad Alwi dan Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara Kemenhub Dadun Kohar, serta Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kementerian Kesehatan Anas Ma’ruf.

Peluncuran kampanye ini juga diikuti oleh TNI/Polri, AirNav Indonesia, pihak ground handling, Balai Karantina, Kantor Imigrasi, maskapai, operator kereta bandara, operator transportasi darat dan seluruh tenant.

Di dalam peluncuran kampanye, Awaluddin mengatakan bahwa Safe Travel Campaign bertujuan mewujudkan pengalaman perjalanan yang aman, memastikan kesiapan operasional dan staf menghadapi new normal, serta membangun kembali kepercayaan dan keyakinan traveler untuk bepergian dengan pesawat.

Guna mencapai tujuan-tujuan tersebut, protokol kesehatan di bandara AP II fokus pada 5 inisiatif. Kelima Inisiatif itu adalah Physical Distancing, Health Screening, Touchless Processing, Fasility Cleanliness & Sanitizing, dan People Protection.

“Penerapan inisiatif-inisiatif dilengkapi berbagai fasilitas yang memanfaatkan teknologi digital guna meningkatkan kepercayaan publik. Melalui protokol kesehatan, diikuti dengan kolaborasi erat stakeholder, serta tersedianya berbagai fasilitas teknologi digital, hingga tersebarnya fasilitas yang mendukung aspek kesehatan di bandara.”

“Kami ingin memastikan perjalanan dengan pesawat itu mudah, praktis, nyaman dengan tetap aman, di tengah status pandemi agar stabilitas perekonomian tetap berlangsung baik,” ujar Awaluddin dalam keterangan resminya yang diterima tangerangonline.id pada Kamis (30/7/2020).

Lebih lanjut Awaluddin menuturkan, Safe Travel Campaign yang dicanangkan tersebut merupakan salah satu upaya menjaga kepercayaan dari regulator menyusul kemudahan regulasi yang telah diberikan.

“Perlu berbagai aksi nyata dalam penegakan protokol kesehatan dan kesadaran tinggi terhadap aspek keselamatan,” jelas Awaluddin.

Kepala Otoritas Bandar Udara Kelas Utama Bandara Soekarno-Hatta Herson mengatakan, regulator telah menetapkan protokol untuk mencegah penyebaran COVID-19 di sektor penerbangan.

“Protokol itu harus dipenuhi oleh setiap stakeholder agar penerbangan dapat tetap aman dan mencegah penyebaran COVID-19,” jelas Herson.

Kepala KKP Kemenkes Anas Maruf menuturkan, “Safe Travel Campaign akan membuat personel KKP Kemenkes di Soekarno-Hatta semakin sigap menghadapi adaptasi kebiasaan baru di sektor penerbangan.”

Ketua Umum Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon B. Prawiraatmadja mengatakan, sektor penerbangan perlu memberikan kepercayaan kepada traveler mengenai amannya penerbangan melalui berbagai protokol pencegahan COVID-19.

“Kami menduking Safe Travel Campaign yang dicanangkan di bandara-bandara PT Angkasa Pura II. Hal ini sejalan dengan upaya sektor penerbangan kembali bangkit agar dapat semakin optimal menjadi penggerak pemulihan perekonomian nasional,” jelas Denon.

Disinfeksi, Masker Gratis, Rapid Test di 19 Bandara

Sejalan dengan pencanangan Safe Travel Campaign, dilakukan penyemprotan disinfektan secara serentak di 19 bandara AP II.

Director of Operation & Service PT Angkasa Pura II Muhamad Wasid menambahkan, penyemprotan disinfektan dilakukan di seluruh area bandara mulai dari area keberangkatan (security check point, check-in area, boarding lounge, garbarata), lalu area kedatangan (baggage claim, lobby kedatangan, curb side), kemudian area moda transportasi darat, serta fasilitas lain seperti ATM center, trolly, escalator/travellator, kargo, dan pembersihan jalan menggunakan mobil damkar.

“Secara simbolis dalam rangka pencanangan Safe Travel Campaign, dilakukan penyemprotan disinfektan di 19 bandara. Setiap harinya sejak beberapa bulan lalu kami sudah melakukan penyemprotan disinfektan di area-area tersebut dan akan terus berlanjut,” ujar Wasid.

AP II juga memberikan 5.000 masker kain 3 ply gratis di 19 bandara yang dikelola perseroan. Berbagai perlengkapan APD yang digunakan personel bandara juga diperkenalkan kepada pengunjung bandara.

Selain itu, bandara-bandara AP II seperti Bandara Soekarno-Hatta dan lainnya juga melakukan rapid test terhadap para karyawan.