Home Berita Masyarakat Pulau Tunda Butuh Sarana Kesehatan

Masyarakat Pulau Tunda Butuh Sarana Kesehatan

0

Pulau Tunda merupakan sebuah kecamatan Tirtayasa di Kabupaten Serang. Letak pulau itu berada di sebelah utara teluk Banten di perairan Laut Jawa.

Fasilitas pelayanan kesehatan di pulau tunda hanya ada puskesmas. Tidak ada rumah sakit. Bila ada warga yang sakit dan harus dirujuk ke rumah sakit sebagian besar ke Serang. Mereka harus menyeberang laut terlebih dahulu menggunakan kapal.

“Dipulau tunda hanya ada fasilitas puskesmas saja. Puskesmas disini pun masih banyak kekurangan stok obat dan alat-alat kedokteran,” kata Bidan Desa Wargasara Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Musfiroh, Selasa (4/8/2020).

Musfiroh menuturkan, di pulau tunda banyak warga yang mengalami batuk pilek, selain itu sakit kaki yang paling banyak dan selebihnya sakit kepala. Sambung Musfiroh, jika untuk penyakit yang serius biasanya dianjurkan rujukan ke Puskesmas Tirtayasa itupun kalau memakai BPJS, namun jika tidak hanya ke klinik yang ada di daerah Serang itupun jarak yang ditempuh harus pakai kapal cepat sekitar satu jam setengah hingga dua jam dari Pulau, paling lama jarak tempuh dari Pulau Tunda ke daratan Serang tiga jam.

“Makanya kasihan kalau misalkan ada pasien yang darurat banget punya keluhan penyakit jantung terus juga ambulance dari pelabuhan karangantu ke rumah sakitnya itu kami ga ada,”Jelasnya.

Sementara itu Kepala Kampung Pulau Tunda Desa Wargasara Kecamatan Tirtayasa Kabupaten Serang Hasyim Menuturkan bahwa dirinya sebagai kepala desa sangat menginginkan sekali adanya tenaga kesehatan seperti dokter atau mantri di daerahnya.

“Sangat ingin sekali bahwa dokter di pulau tunda ini, tolonglah baik itu sebulan ataupun tiga bulan sekali atau setengah bulan sekali tolonglah untuk ke pulau tunda untuk pelayanan, tapi sampai sekarang pelayanan itu belum ada baik dari kesehatan Serang maupun dari Kecamatan Tirtayasa cuman hanya bidan desa yang termasuk masih honorer yang termasuk putri pulau tunda sendiri satu satunya disini,” harapnya. (Aiz)