Home Berita SMPN 1 Mauk Persiapan Belajar Tatap Muka

SMPN 1 Mauk Persiapan Belajar Tatap Muka

0

Rencana kerja atau persiapan kegiatan belajar-mengajar (KBM) tatap muka sudah mulai pada tahap pengajuan dan persiapan di era adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal.

Salah satunya dilakukan oleh UPT SMP Negeri 1 Mauk, Kecamatan Mauk, Kabupaten Tangerang, Rabu (5/8/2020).

Kepala UPT SMPN 1 Mauk, Titi Sriyati mengatakan, penerapan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka pada masa Pandemi Covid-19 di satuan pendidikan ini diawali dengan membuat rencana kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM), dengan mematuhi protokol kesehatan yang dibuat menjadi dua bagian yaitu masa transisi dan masa kebiasaan baru dengan tahapan-tahapan yang harus dipenuhi.

“SMPN 1 Mauk sudah membuat blue print atau perencanaan persiapan KBM tatap muka dimasa pandemi,” terang Titi Sriyati.

Data program tatap muka ini dikumpulkan digugus kemudian dibawa ke Dinas Pendidikan dan di sampaikan ke gugus tugas covid 19, Di blue print atau perencanaan untuk KBM uji coba tiga hari tatap muka (PTM), 2 hari PJJ daring dan Luring dua harinya libur sesuai panduan masa transisi zona hijau.

“Jumlah jam untuk PTM 18 jam PTM, 20 jam untuk belajar dirumah, namun apabila kabupaten sudah masuk zona hijau diblue print ini nanti kita masukkan masa kebiasaan baru,” ujarnya.

Kemudian protokol kesehatan pun sudah disiapkan ketika siswa dan siswi datang kesekolah. Seperti sterilisasi kelas dengan penyemprotan disinpektan, hand zaniter, tempat cuci tangan, toilet, dan pelayanan kesehatan, pengukur alat suhu tubuh dan kesepakatan antara orang dan komite.

“Jadi ketika siswa datang kesekolah protokol kesehatan sudah siap dan faktor-faktor pendukung KBM tatap muka sudah dipersiapkan,” jelasnya.

Ia berharap kegiantan belajar mengajar (KBM) tatap muka ini bisa segera dilaksanakan dan mudah-mudahan blue print atau Rencana Kerja Persiapan Pembelajaran Tatap Muka Masa Pandemi Covid 19 di SMPN 1 Mauk bisa diterima.

“Karena harapan ini juga sesuai dengan harapan orang tua siswa yang menginginkan segera belajar tatap muka,” pungkasnya. (Sam)